Evaluasi Pilkada 2015, KPU Kuansing Gelar FGD

Evaluasi Pilkada 2015, KPU Kuansing Gelar FGD
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuansing menggelar Focus Group Discussion (FGD), Kamis (21/4) di Teluk Kuantan.

TELUK KUANTAN (RA) - Dalam rangka mengevaluasi penyelenggaraan Pemilihan Kepala daerah dan Wakil Kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Kuantan Singingi yang telah dilaksanakan 9 Desember 2015 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuansing menggelar Focus Group Discussion (FGD), Kamis (21/4) di aula kantor KPU Kuansing di Teluk Kuantan.

Pada acara tersebut hadir komisioner KPU Propinsi Riau, Ilham M Yasir, Ketua KPU Kuansing, Firdaus dan seluruh Komisioner KPU Kuansing, perwakilan dari Polres Kuansing, Panwaslu, akademisi, Pemkab Kuansing, PWI Kuansing, serta beberapa perwakilan dari PPK dan PPS.

Ketua KPU Kuansing, Firdaus menyampaikan bahwa melalui acara FGD ini dapat mengetahui apa saja kendala atau persoalan yang menjadi perhatian baik dari internal penyelenggara maupun dari eksternal.

Sementara, Ilham Yasir yang mewakili KPU Riau dalam kesempatan itu mengatakan, proses yang terjadi pada FGD ini merupakan hal terpenting yang akan menjadi perhatian KPU RI, selain laporan tertulis yang dilayangkan KPU daerah pasca Pilkada.

"Perwakilan dari berbagai unsur inilah yang perlu memberikan masukan, sekaligus juga untuk mengukur hasil kinerja penyelenggara, mengidentifikasi persoalan, dan memberikan usulan pada momentum berikutnya," tegasnya.

Hasil dari kegiatan FGD ini nantinya akan tuangkan dalam bentuk laporan evaluasi dan selanjutnya akan dikirimkan kepada KPU RI sebagai bahan masukan dan evaluasi penyelenggaraan Pilkada Serentak Gelombang I.

Adapun pokok permasalahan yang dibahas pada kesempatan tersebut diantaranya penetapan DPT, perekrutan PPS dan PPK, persoalan pelanggaran dan penanganannya, penertiban APK, tata tertib kampanye, peraturan dan Petunjuk teknis yang masih ada kelemahan, anggaran dan lain sebagainya.

Laporan : AM
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index