Sempena Hari Baden Powell ke-109

Kwarran Pramuka Dumai Timur Taja Karnaval

Kwarran Pramuka Dumai Timur Taja Karnaval
Foto : Ketua Kwarcab Pramuka Dumai H Amiruddin melepas peserta Karnaval.

DUMAI (RA) - Dalam rangka memperingati hari Baden Powell ke 109 tingkat Kota Dumai tahun 2016, Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Dumai Timur menyelenggarkan kegiatan Karnaval bagi anggota Pramuka tingkat Penegak dan Penggalang se-Kota Dumai.

Kegiatan ini dibuka secara resmi dibuka oleh Ketua Kwarcab Pramuka Kota Dumai Drs H Amiruddin MM MBA di halaman Kantor Polres Dumai Jalan Jendral Sudirman Dumai Timur, Minggu kemarin.

Dalam kegiatan Karnaval ini berbagai aksi kepramukaan diperlihatkan kepada masyarakat di sepanjang rute yang telah ditetapkan, yaitu dari depan kantor Polres Dumai menyusuri jalan Jendral Sudirman dan berakhir di depan eks kantor Walikota Dumai Jalan HR. Soebrantas.

Pembukaan kegiatan Karnaval dihadiri sejumlah tamu undamgam, seperti Danlanal Dumai, Kapolres Dumai, Dandim 0320/Dumai, dan General manager PT Pertamina RU II Dumai, GM PT Pelindo I Cabang Dumai, dan perwakilan Camat se Kota Dumai.

Sedangkan dari jajaran pengurus Kwarcab Gerakan Pramukan Kota Dumai yang hadir, antaranya Kakak Drs. Syarifuddin, SPd, Kak H. Aspen Simanjuntak, Kak Ujang Alwi Saputra, Kak Hidayatullah, Kak Danil Waha, dan Kak Oktal serta seluruh ketua Kwartir Ranting (Kwarran) se-Kota Dumai.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Sihar Sihite dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Karnaval yang digelar ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari Baden Powell atau dikenal dengan bapak Pandu Pramuka Dunia.

Menurutnya, kegiatan ini sangat positif sekali bagi anggota gerakan pramuka sekaligus mensosialisasikan kegiatan kepramukaan kepada masyarakat Kota Dumai.

"Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Undang-undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Keputusan Presiden Nomor 24 tahun 2009 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka, dan Rencana Kerja Kwartir Ranting Dumai Timur tahun 2016. Sementara ide pelaksanakaan berasal daro Majelis Pemimbing Ranting Dumai Timur, Andalan Ranting Dumai Timur serta didukung oleh kakak Alamsyah selaku ketua Kwarran Pramuka Dumai Timur," paparnya.

Dalam Karnaval ini, di sepanjang jalan peserta akan dinilai oleh tim yang telah ditetapkan oleh panitia sebanyak 6 orang tanpa diketahui peserta Karnaval.

"Ada 5 unsur yang ditampilkan dalam pelaksanaan Karnaval ini, yakni Kepramukaan, Kebudayaan, Kepahlawan, Nasionalisme, Keterampilan dan Profesi," urainya.

Sihar Sihite menjelaskan, peserta Karnaval adalah Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak se Kota Dumai yang berjumlah kurang lebih 600 orang yang dibagi menjadi 2 (dua) kelompok yaitu kelompok I kontingen pramuka Penggalang sebanyak 13 gugus Depan (Gudep) dan kelompok II kontingen pramuka penegak sebanyak 11 Gudep.

"Sumber pembiayaan pelaksanaan Karnaval ini dari perorang dan beberapa perusahaan seperti bapak Muhammad Arifin (Camat Dumai Timur), Kak Alamsyah (Ketua Kwarran Dumai Timur) kakak-kakak wakil ketua Kwarcab Pramuka Dumai, kakak Yukratul Yuni (Anggota DPRD Dumai), Papa Ibam Pizza, kakak Sihar Sihite (Ketua Panitia), Tamsil Hutabarat, Happy Nainggolan, Toton Sumali Beneliza (Mitra PT Pelindo I Dumai), PT Inti Benua Perkasatama, PT Nagamas Palm Oil, PT Sarana Tempa Perkasa, PT Pertamina RU II Dumai, dan PT Pelindo I (Persero) Cabang Dumai," paparnya.

Dalam kesempatan itu, Sihar Sihite juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh unsur yang telah berpartisipasi dan mendukung pelaksanaan Karnaval dalam rangka memperingati hari Baden Powell ke 109 tingkat Kota Dumai tahun 2016 seraya berharap semoga kegiatan ini dapat berlanjut pada tahun berikutnya.

Sementara, Ketua Kwartir Ranting Pramuka Dumai Timur, Alamsyah dalam sambutan singkatnya menyampaikan ucapan terimakasih sedalam-dalamnya kepada para undangan dan anggota pramuka se-Kota Dumai yang sangat antusias serta penuh semangat untuk mengikuti kegiatan Karnaval.

"Saya ucapkan terimakasih sedalam-dalamnya kepada pihak yang telah membantu dan mendukung kegiatan ini. Berkat bantuan moril maupun materil yang telah diberikan, kami dapat melaksanakan kegiatan Karnaval ini dengan baik dan semarak," ucapnya.

Alamsyah menuturkan, bahwa kegitan Karnaval ini sudah lama tidak pernah laksanakan. Karena itu pada peringatan hari Baden Powell ke 109 tahun 2016 ini Kwartir Ranting Dumai Timur membuat gagasan untuk mengadakan kegiatan Karnaval.

Sementara Ketua Kwarcab Pramuka Dumai H Amiruddin MM MBA menyampaikan apresiasi se-tinggi-tingginya kepada panitia pelaksana kegiatan Karnaval dalam rangka memperingati hari Baden Powell ke 109 tingkat Kota Dumai tahun 2016 yang dimotori oleh Kwartir Ranting Dumai Timur. Dia berharapan kegiatan yang dilaksanakan ini dapat terus ditingkatkan untuk masa yang akan datang.

"Kwarran Dumai Timur telah menunjukan perhatian yang cukup besar dalam peringatan hari Baden Powell ke 109 tingkat Kota Dumai tahun 2016 ini dengan menyelenggarakan kegiatan Karnaval yang menyajikan berbagai kreatif, edukatif, dan mewujudkan persaudaraan antar sesama anggota Pramuka. Kiranya kegiatan ini terus berlangsung setiap tahunnya," harapnya.

 

Laporan : REL

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index