Current Date: Sabtu, 28 September 2024

Jumlah Pemilih Sementara Pilwako Pekanbaru 2024 Capai 795 Ribu Orang

Jumlah Pemilih Sementara Pilwako Pekanbaru 2024 Capai 795 Ribu Orang
Kepala Disdukcapil Pekanbaru, Irma Novrita

Riauaktual.com - Data sementara jumlah pemilih dalam Pemilihan Walikota (Pilwako) Pekanbaru Tahun 2024 mencapai 795.000 orang. Mereka merupakan pemilih yang masuk dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).

Walaupun demikian, tahapan pemutakhiran data pemilih pada Pilwako Pekanbaru 2024 sedang berlangsung. Jumlah pemilih dalam Pilwako nanti masih bisa terus bertambah jelang penetapan.

"Jumlah ini masih berubah karena fluktuatif, kami terus pantau secara real time setiap hari," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcpail) Kota Pekanbaru Irma Novrita, Sabtu (22/6).

Menurutnya, jumlah pemilih masih berubah hingga beberapa waktu ke depan. Ia menyebut data pemilih ini masuk dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terpusat.

Ada ribuan pemilih pemula yang ternyata belum merekam data untuk KTP elektronik. Ia menyampaikan bahwa jumlahnya mencapai 3.441 orang pemilih pemula belum melakukan perekaman data.

Mestinya mereka sudah melakukan perekaman karena bakal memasuki usia 17 tahun. Ia menyebut bahwa para pemilih pemula itu sudah masuk dalam DP4 tapi belum melakukan perekaman.

"Kami dorong para pemilih pemula untuk lakukan perekaman data, karena namanya sudah masuk dalam DP4," terang Irma.

Pihaknya membuka layanan perekaman data bagi pemilih pemuka setiap akhir pekan yaitu pada Sabtu dan Minggu. Mereka juga melakukan layanan jemput bola ke sekolah sekaligus ke kelurahan.

"Kami berharap bagi yang sudah berusia 16 tahun ke atas untuk melakukan perekaman di dinas maupun di layanan jemput bola kelurahan, KTP bakal dicetak ketika sudah berusia 17 tahun," pungkasnya.

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index