Kejari Bengkalis Hentikan Penuntutan Kasus Pencurian Anak di Bawah Umur

Kejari Bengkalis Hentikan Penuntutan Kasus Pencurian Anak di Bawah Umur
Kejari Bengkalis Hentikan Penuntutan Kasus

Riauaktual.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkalis memutuskan untuk menghentikan penuntutan terhadap kasus dugaan tindak pidana pencurian yang melibatkan seorang anak di bawah umur, RMH. Penghentian kasus ini dilakukan setelah proses diversi, yaitu pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana, yang kemudian anak tersebut dikembalikan kepada orang tuanya.

Surat ketetapan penghentian penuntutan ini disampaikan oleh Kepala Kejari Bengkalis, Dr. Sri Odit Megonondo, S.H., M.H., pada Kamis, 20 Juni 2024. Keputusan ini diambil setelah diadakan pertemuan yang dihadiri oleh jaksa fasilitator, Kasi Pidum, Kasi Intel, orang tua anak, pembimbing kemasyarakatan, pekerja sosial, dan tokoh masyarakat.

Tersangka RMH sebelumnya didakwa melanggar Pasal 362 KUHP Jo UU Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Berdasarkan hasil musyawarah diversi serta penetapan Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Nomor 8/Pen.Dib/2024/PN, proses penyidikan dalam perkara tersebut dihentikan.

Orang tua dari RMH mengungkapkan apresiasi mereka atas pelaksanaan diversi oleh Kejari Bengkalis, yang memberikan kesempatan bagi anak mereka untuk melanjutkan pendidikan.

"Ini merupakan langkah positif dalam memberikan kesempatan kedua bagi anak untuk memperbaiki masa depan, dan tentu telah memenuhi syarat diversi," ungkap Kajari Bengkalis, Dr. Sri Odit Megonondo.

Sebelumnya, RMH diamankan oleh pihak kepolisian atas dugaan tindak pidana pencurian satu unit sepeda motor milik penghuni kos di Jalan Antara Gang Pinang pada Senin, 3 Juni 2024.

Dengan langkah ini, Kejari Bengkalis menunjukkan komitmennya dalam memberikan kesempatan rehabilitasi bagi anak-anak yang berhadapan dengan hukum, memastikan mereka mendapatkan peluang untuk masa depan yang lebih baik.

#Hukrim

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index