Pastikan Kesiapan Jaringan, Disdik Pekanbaru Diminta Uji Coba PPDB Online

Pastikan Kesiapan Jaringan, Disdik Pekanbaru Diminta Uji Coba PPDB Online
Asisten I Setdako Pekanbaru, Masykur Tarmizi

Riauaktual.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, mempersiapkan rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP menggunakan sistem online. Kesiapan jaringan internet di sekolah menjadi perhatian dalam PPDB tahun 2024.

Antisipasi jaringan internet down harus dilakukan agar PPDB bisa tetap berjalan lancar. Sementara PPDB dijadwalkan mulai berlangsung pada akhir bulan ini.

Asisten I Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru Masykur Tarmizi, mengingatkan dinas pendidikan dan sekolah untuk mengantisipasi kendala dalam PPDB. Apalagi PPDB kali ini berlangsung secara online sehingga membutuhkan server dan jaringan internet yang mumpuni.

"Dinas pendidikan dan jajaran harus memastikan jaringan server, serta sistem dalam PPDB ini harus siap," kata Masykur Tarmizi, Rabu (19/6).

Masykur mendorong dinas pendidikan melakukan uji coba guna memastikan kesiapan server dan jaringan.

Mereka juga bisa mengantisipasi adanya kelemahan sistem sebelum bergulirnya PPDB 2024 secara online.

Dirinya tidak ingin ada kendala dalam PPDB yang berlangsung secara online. Apalagi pada tahun ini perdana untuk PPDB SD berlangsung secara online.

Masykur pun mengingatkan agar dinas pendidikan dan sekolah aktif menggelar sosialisasi kepada masyarakat. Ia menilai dengan sosialisasi tentu bisa memberi edukasi kepada masyarakat dan orangtua calon peserta didik.

"Uji coba sistem ini juga jadi sarana sosialiasi dan edukasi kepada masyarakat maupun orangtua calon peserta didik," terang Masykur.

Calon peserta didik baru SMP bisa mendaftar di laman situs PPDB online smp.ppdbpekanbaru.id pada 26 hingga 30 Juni 2024.

Lalu untuk calon peserta didik SD bisa mendaftar di sd.ppdbpekanbaru.id 1 hingga 4 Juli 2024. Dinas pendidikan juga menyiagakan operator di sekolah, untuk membantu orangtua yang kesulitan mendaftarkan anak mereka melalui sistem online.

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index