Pemdes Pulau Busuk Pasang Lampu Penerangan Jalan Tenaga Surya untuk Keamanan Warga

Pemdes Pulau Busuk Pasang Lampu Penerangan Jalan Tenaga Surya untuk Keamanan Warga
Pemasangan Lampu Penerangan Jalan Tenaga Surya

Riauaktual.com - Dalam upaya meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi warganya, Pemerintah Desa Pulau Busuk, Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuantan Singingi, telah mengadakan lampu penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya.

PJ Kepala Desa Pulau Busuk, Taslim, menyampaikan kepada Riauaktual.com bahwa pengadaan lampu PJU tenaga surya ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan kenyamanan dan keamanan desa. Pembangunan lampu jalan ini dianggarkan melalui Dana Desa (DD) Tahun 2024 dan didasarkan pada hasil musyawarah desa (Musdes).

"Pembangunan lampu jalan tenaga surya ini dianggarkan melalui Dana Desa (DD) Tahun 2024. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan musyawarah desa (Musdes) yang sudah kami laksanakan sebelumnya,” kata Taslim pada Minggu (16/06/24) saat berada di salah satu titik pemasangan lampu jalan.

Sebanyak 12 titik pemasangan lampu jalan tenaga surya telah dimulai hari ini, sesuai dengan anggaran dan hasil musyawarah desa. Pj Kades menjelaskan bahwa pemasangan lampu ini merupakan keinginan warga desa.

"Diharapkan, setelah adanya lampu jalan tenaga surya yang menggunakan dana desa ini, masyarakat dapat menjaga dan memelihara bersama aset desa tersebut," tambah Taslim. "Lampu jalan ini milik kita bersama, maka jagalah bangunan yang sudah ada. Kalau bukan kita yang menjaganya, siapa lagi? Semoga pembangunan ini bermanfaat bagi masyarakat Desa Pulau Busuk," tambahnya.

Taslim juga menjelaskan bahwa 12 titik pemasangan tersebut terletak di Dusun I Simpang Empat dengan 4 titik, Dusun II Posim dengan 3 titik, dan Dusun III Sesawah dengan 5 titik.

"Satu paket lampu tenaga surya terdiri dari satu batang tiang, panel, penyanggah, dan lampu. InsyaAllah dengan pemasangan yang sudah dimulai sejak pagi tadi, kita berharap pada malam nanti semua lampu sudah menyala, apalagi malam ini malam takbiran Hari Raya Idul Adha 1445 H," imbuhnya.

Dengan adanya pemasangan lampu penerangan jalan tenaga surya ini, diharapkan warga Desa Pulau Busuk dapat merasakan manfaatnya dan lebih terjamin keamanannya pada malam hari.

 

 

 

#Kuansing

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index