PWI Gelar UKW Gratis di 38 Provinsi Pasca Lebaran

PWI Gelar UKW Gratis di 38 Provinsi Pasca Lebaran
Ketua PWI Pusat, Hendry Ch Bangun

JAKARTA (RA) - Pasca Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat melalui Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) PWI, kembali menggelar kelanjutan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) gratis di 38 Provinsi se-Indonesia dan PWI Surakarta.

Ketua PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, mengungkapkan bahwa kelanjutan UKW gratis ini merupakan hasil dari pengajuan pengurus PWI Provinsi sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Beberapa provinsi yang telah siap melaksanakan UKW gratis antara lain Papua Tengah, Riau, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Riau.

Menurut Hendry, para Ketua PWI Provinsi menyambut antusias kelanjutan program ini. Ketua PWI Kepri, Andi Gino, mengucapkan terima kasih kepada sponsor dan PWI pusat atas dukungan untuk meningkatkan kualitas wartawan. Sementara Ketua PWI Sulawesi Tenggara, Sarjono, menilai program ini sangat tepat untuk meningkatkan kualitas wartawan.

Selain itu, Ketua PWI Sumsel, Kurnaidi, menambahkan bahwa UKW PWI gratis sangat membantu dalam meningkatkan kualitas wartawan di daerah. Hendry Ch Bangun menambahkan bahwa minimal periode April - Mei 2024 akan dilaksanakan UKW di 10 Provinsi.

Direktur LUKW PWI Pusat, Firdaus Komar, menyampaikan terima kasih kepada Kementerian BUMN yang telah membantu gelaran UKW gratis. Dia juga mengungkapkan bahwa selain UKW gratis, akan tetap digelar kompetisi jurnalistik bagi peserta UKW. Kompetisi ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp50 juta.

Peserta UKW PWI gratis tetap memiliki kesempatan untuk mengikuti kompetisi jurnalistik dengan tema terkait peran BUMN terhadap kemajuan pers melalui UKW, serta peran strategis UKW dalam meningkatkan kualitas pers Indonesia. Karya jurnalistik yang dilombakan berupa feature dengan minimal 1.500 karakter.

Dalam hal teknis, karya yang dilombakan dikirimkan setelah tiga hari pelaksanaan UKW ke link yang disediakan oleh admin PWI Pusat. Terkait administrasi berkas peserta dan pelaksanaan UKW, PWI Provinsi dan LUKW PWI bekerja sama untuk memastikan kelancaran acara.

Hendry menegaskan bahwa program ini merupakan komitmen PWI untuk terus meningkatkan kualitas wartawan di seluruh Indonesia.

#Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI )

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index