Harga Bahan Pokok Masih Tinggi, Rapat Forkopimda Bakal Digelar

Harga Bahan Pokok Masih Tinggi, Rapat Forkopimda Bakal Digelar
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun

Riauaktual.com - Kenaikan harga sejumlah bahan pokok di pasaran menjelang Bulan Ramadhan masih menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Langkah-langkah antisipasi dilakukan agar lonjakan harga dapat diatasi.

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun mengatakan, Pemko Pekanbaru dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) segera menggelar rapat membahas harga bahan pokok.

Pemko Pekanbaru siap mengucurkan belanja tak terduga (BTT) sebagai salah satu upaya mengendalikan kenaikan harga yang sudah mulai terjadi.

"Kami segera menggelar rapat Forkopimda. Rapat ini akan membahas harga bahan pokok sebelum bulan Ramadan dan Lebaran," kata Muflihun, Senin (4/3).

Ia menjelaskan, jika terjadi lonjakan harga bahan pokok, maka pemko akan mengucurkan BTT. Agar, bahan pokok bisa kembali normal.

Rencananya BTT ini bisa dimanfaatkan untuk subsidi transportasi kepada pengusaha angkutan bahan pokok yang masuk ke Pekanbaru. Subsidi diberikan agar mengurangi biaya mereka, dan diharapkan pasokan lancar dan harga dari daerah penghasil terkendali.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru juga terus melakukan pemantauan harga bahan pokok di pasaran. Mereka juga memastikan suplai dan ketersediaan bahan pokok.

Harga beberapa komoditi saat ini masih tinggi. Diharapkan harga cabai dan ayam potong bisa turun di awal Ramadan. Harga cabai melonjak saat ini akibat efek musim hujan disertai longsor jalur Sumbar-Riau.

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin mengatakan, harga bahan pokok yang naik itu antara lain cabai dan bawang merah. Kenaikan harga terjadi karena kurangnya pasokan dari daerah penghasil.

Produksi cabai dan bawang merah berkurang akibat cuaca. Ditambah lagi, Jalan Sumbar-Riau putus beberapa waktu lalu. Sehingga, harga bahan pangan naik cukup tinggi.

"Saya berharap cabai dan bawang bisa panen yang bagus. Sehingga, kita mendapat harga yang terjangkau di awal Ramadan," ujar Ami, sapaan akrabnya, Selasa (27/2).

Ia menambahkan, harga ayam potong juga mengalami kenaikan. Para pengusaha ayam potong sudah dipanggil soal kendala pakan.

"Harga pakan ayam masih stabil. Saya perkirakan harga ayam potong turun pada bulan Maret. Karena, jumlah pasokan ayam lebih banyak," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index