Disdik Pekanbaru Ubah Durasi Belajar Selama Ramadhan

Disdik Pekanbaru Ubah Durasi Belajar Selama Ramadhan
Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Abdul Jamal

Riauaktual.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, segera menyebar jadwal belajar PAUD hingga SMP selama bulan Ramadan. Anak-anak harus tetap belajar guna menekan kegiatan yang tak bermanfaat jika diliburkan. 

Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, jadwal belajar selama Ramadan segera disebar ke sekolah. Dalam menghadapi bulan Ramadan, ada libur di awal puasa. 

"Kami juga akan meliburkan para pelajar mulai sepekan sebelum Lebaran. Total libur mereka 20 hari," kata Abdul Jamal, Jumat (23/2/2024). 

Ia menuturkan, selama bulan Ramadan masa belajar untuk satu mata pelajaran 25 hingga 30 menit. Sementara pada hari biasanya, masa belajar selama 45 menit. 

"Nanti, mereka yang kelas IV hingga VIII masuk jam 08.00 pagi. Pulangnya setelah salat zuhur berjemaah," terang Jamal. 

Selama Ramadan, proses belajar diselingi dengan kegiatan lain seperti tadarus dan ceramah ustaz. Untuk anak PAUD dan TK masih dikaji untuk tidak libur selama bulan Ramadan. 

"Selama ini, sekolah swasta tak pernah meliburkan aktivitas belajar selama Ramadan. Makanya, kami atur supaya cepat pulang," ungkap Jamal. 

Jamal menilai, hal ini agar pelajar SD dan SMP ini tidak menghabiskan waktu di warnet atau sejenisnya. Sehingga, pelajar lebih fokus sekolah. 

"Paling lama, proses belajar mengajar hanya tiga pekan selama Ramadan," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index