Pekanbaru Masih Cari Anggaran Untuk Subsidi Tranportasi Bahan Pokok

Pekanbaru Masih Cari Anggaran Untuk Subsidi Tranportasi Bahan Pokok
Asisten II Setdako Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, masih berupaya mencari anggaran untuk memberikan subsidi transportasi dalam upaya intervensi kenaikan harga bahan pokok.

Subsidi transportasi ini rencananya bersumber dari dana Belanja Tidak Tetap (BTT) dalam APBD Kota Pekanbaru. Besaran BTT untuk subsidi angkutan transportasi bahan pokok ke Kota Pekanbaru belum dipastikan. 

"Kita sedang pelajari penggunaan BTT sesuai regulasi yang ada, sesuai dengan surat edaran dari mendagri dalam pengendalian inflasi," terang Asisten II Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, Kamis (22/2). 

Menurutnya, sesuai surat edaran tentang BTT ternyata dapat digunakan kegiatan tertentu. Ia belum bisa memastikan besaran anggaran BTT yang dipakai untuk subsidi transportasi pengangkutan bahan pangan.

Kebijakan ini menyikapi kenaikan harga bahan pangan di pasaran. Pemerintah Kota Pekanbaru menyiapkan langkah aktif agar harga tidak melonjak menjelang momen Ramadhan 1445 H mendatang.

Ingot menyampaikan bahwa pemerintah kota secara rutin mulai menggelar gerakan pangan murah. Mereka memulai gerakan pangan murah ini di Kecamatan Kulim.

Dirinya mengatakan bahwa gerakan pangan murah ini digelar karena melihat lonjakan luar biasa terhadap harga bahan pangan. Ada sejumlah komoditi bakal dijual yakni cabai merah, cabai rawit dan bawang merah.

"InsyaAllah kita laksanakan gerakan pangan murah, selama ramadhan bakal kita gelar kegiatan ini," ungkapnya. 

Gerakan pangan murah ini juga mempertimbangkan fluktuasi harga di pasaran. Ia menyebut gerakan pangan murah tetap berlangsung selama adanya lonjakan harga.

"Ketika harga normal, kita menyesuaikan lah. Kita tidak ingin juga menganggu harga di pasar dengan gerakan pasar murah," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index