Pemko Pekanbaru Persiapkan Diskusi Publik Tentukan Pembangunan MPP

Pemko Pekanbaru Persiapkan Diskusi Publik Tentukan Pembangunan MPP
Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Edward Riansyah

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, tengah mempersiapkan diskusi publik untuk menentukan arah pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang terbakar beberapa waktu lalu. Melalui diskusi publik akan ditentukan desain bangunan yang akan dibuat pada lahan eks gedung utama MPP Pekanbaru lalu. 

Rencananya, bangunan utama MPP akan terintegrasi dengan ruang terbuka publik atau alun-alun kota. Rencana ini akan dibawa ke diskusi publik bersama sejumlah tokoh masyarakat dan akademisi. 

"Kita akan lakukan diskusi publik, kita tinggal nunggu jadwal diskusi publik," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Edward Riansyah, Senin (19/2/2024). 

Menurutnya, diskusi publik akan segera dilakukan guna menentukan arah pembangunan yang akan dibangun di komplek perkantoran pemerintah Jalan Jendral Sudirman ini. 

Ia memperkirakan diskusi publik akan dilakukan usai perhelatan Pemilu 2024 benar-benar selesai. Saat ini sejumlah pihak masih disibukkan dalam penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan tersebut. 

"Sekarang kan masih suasana Pemilu, mungkin saja diskusi publik dilakukan setelah perhelatan pesta demokrasi ini benar-benar tuntas," terang Edu. 

Sebelumnya Dinas PUPR sudah menuntaskan Detailed Engineering Design (DED) dari gedung baru untuk pelayanan di MPP Pekanbaru. DED ini nantinya yang akan dibawa ke dalam diskusi publik. 

"Konsepnya gedung MPP itu agak ke belakang dari sebelumnya, sedangkan di bagian depan ada lapangan untuk masyarakat berkumpul," terang Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Selasa (12/12/2023). 

Karena anggaran yang dibutuhkan besar, pemerintah kota berupaya mencari bantuan anggaran. Muflihun menyebut bahwa untuk pembangunan itu pemerintah kota meminta dukungan anggaran dari Pemerintah Provinsi Riau. Mereka juga meminta dukungan anggaran dari pemerintah pusat.

"Kita memang coba minta bantuan ke pusat, ke pemprov, mudah-mudahan kita dibantu," ungkapnya. 

Muflihun menyebut, bahwa untuk membangun kembali gedung utama MPP Pekanbaru butuh anggaran berkisar Rp 70 miliar. Anggaran pembangunan itu sesuai perhitungan awal kebutuhan anggaran untuk membangun kembali gedung utama MPP.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index