Kapolres Rohul Pimpin Bimtek Panwascam untuk Pengawasan Pemilu 2024

Kapolres Rohul Pimpin Bimtek Panwascam untuk Pengawasan Pemilu 2024
Kapolres Rohul Pimpin Bimtek Panwascam

Riauaktual.com - Kapolres Rokan Hulu (Rohul), AKBP Budi Setiyono SIK MH, memimpin langsung kegiatan Fasilitas dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu di Hotel Gelora Bhakti, Jl Persatuan Desa Koto Tinggi, Kecamatan Rambah, pada Jumat (26/1/2024). Kegiatan ini memiliki tema "Bimbingan Teknis Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara pada Pemilihan Umum Tahun 2024".

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Komisioner KPU Kabupaten Rohul Cepi Abdul Husen, Pimpinan Bawaslu Gummer Siregar, S Ag, Pimpinan Bawaslu Safrizal Hasbi, Plh Kapolsek Rambah Ipda Refly Setiawan H, SH, serta Unit Intelkam Polsek Rambah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis kepada para Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) agar mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam pemilihan umum tahun 2024.

Dalam sambutannya, Kapolres Budi Setiyono menjelaskan tata kerja Badan Pengawas Pemilu 2024 mulai dari tingkat pusat hingga tingkat desa/kelurahan. Ia memaparkan dasar hukum, tugas, fungsi, dan wewenang Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), serta menguraikan peran mereka dalam pengawasan pelaksanaan pemilihan umum di tingkat kecamatan.

Selain itu, Kapolres Budi Setiyono juga memberikan penjelasan terkait Sentra Gakkumdu (Sentra Penegakan Hukum Terpadu Pemilihan Umum), yang merupakan wadah kolaborasi antara Bawaslu, Kepolisian, dan Kejaksaan dalam menangani pelanggaran tindak pidana pemilu. Sentra Gakkumdu bertujuan untuk mengawal proses pemilu agar berjalan sesuai aturan dan transparan.

Dalam sesi tanya-jawab, peserta mengajukan pertanyaan terkait pengamanan Bawaslu oleh kepolisian dan pengawalan dalam pelaksanaan pemilu. Kapolres Budi Setiyono menegaskan komitmen untuk menjamin keamanan dan keselamatan Bawaslu. Ia juga menyampaikan bahwa pengawalan kotak surat suara akan menggunakan Standar Operasional Prosedur (SOP) pengawalan tahanan.

Kegiatan bimbingan teknis ini berlangsung aman dan kondusif, selesai sekitar pukul 11.30 WIB. Saat penutupan, Pimpinan Bawaslu Safrizal Hasbi menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Rohul atas kontribusinya dalam memberikan bimbingan kepada peserta. Ia berharap kegiatan tersebut menjadi modal kerja untuk menjalankan Pemilu Damai Tahun 2024.

#POLISI PEMILU

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index