Masa Tenang, APK Pemilu 2024 di Rohil Mulai Dicopot

Masa Tenang, APK Pemilu 2024 di Rohil Mulai Dicopot
Masa Tenang, APK Pemilu 2024 di Rohil Mulai Dicopot

Riauaktual.com - Bawaslu Rokan Hilir (Rohil) mulai melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) peserta Pemilu 2024. Penertiban itu dikawal anggota Polres Rokan Hilir, semua APK harus diturunkan karena telah masuk masa tenang pasca berakhirnya kampanye.

Masa tenang pemilu berlangsung selama tiga hari, pada 11, 12, dan 13 Februari 2024. Di masa itu, tidak boleh ada aktivitas kampanye, hingga dilaksanakan pemungutan suara, Rabu (14/2/2024).

Sebelum penertiban, dilaksanakan Apel Siaga Penertipan APK Pemilu 2024 di halaman Kantor Bawaslu Rohil, Minggu (11/2/2024). Apel diikuti Polri, TNI,  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan setempat.

"Mulai hari ini sudah masuk masa tenang Pemilu 2024. Sesuai surat Bawaslu, APK yang masih terpasang harus ditertibkan," ujar Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto.

Andrian mengatakan, Polres Rohil mem-backup Bawaslu dan Satpol PP untuk membersihkan APK tersebut. Hal itu dilakukan berdasarkan permohonan dari Bawaslu Rohil.

"Polri dan TNI hanya mem-backup. Pelaksanaan penertiban dilakukan Bawaslu beserta jajaran, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Rohil," jelas Andrian.

Pada penertiban ini, Bawaslu juga sudah melayangkan surat ke pengurus partai politik untuk menertibkan APK masing-masing.

"Jika tidak dilakukan, maka akan ditertibkan oleh Bawaslu," kata Andrian.

Andrian kembali mengimbau masyarakat, untuk tetap menjaga situasi kamtibmas yang kondusif jelang dan saat pelaksanaan pemilu. "Ayo kita sukseskan Pemilu 2024 secara damai," pungkas Andrian.

Andrian telah melakukan berbagai persiapan untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu. Persiapan itu mulai dari pengerahan sekitar 1.000 personel gabungan hingga pelatihan personel yang bertugas.

Selain itu, Polres Rohil juga melaksanakan sistem pengamanan kota, apel gelar pasukan, serta serangkaian sosialisasi kepada pihak terkait.

"Kami juga terus memantau dan mengontrol isu-isu yang berkaitan dengan pemilu agar tidak menimbulkan potensi memecah belah masyarakat. Terutama yang menjelekkan berkaitan dengan politik dan Kamtibmas," jelas Andrian.

Hal itu dilakukan Polres Rohil bersama penyelenggara dan pengawas Pemilu 2024, serta lintas sektoral. Selain itu, dialog dengan organisasi kemasyarakatan di Rohil juga sudah dilakukan untuk menyerap aspirasi terkait pemilu.

"Semoga seluruh tahapan pemilu bisa berjalan dengan aman dan lancar. Intinya Polres Rohil siap mengamankan Pemilu 2024. Kami lakukan langkah krusial dalam menjaga stabilitas, demokrasi, serta keamanan masyarakat di Kabupaten Rohil," pungkasnya.

#POLISI PEMILU #POLISI PEMILU

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

POLISI PEMILU

Index

Berita Lainnya

Index