Sungai Kuantan Kembali Meluap, Bupati Ingatkan Warga Bantaran Sungai Siaga

Sungai Kuantan Kembali Meluap, Bupati Ingatkan Warga Bantaran Sungai Siaga
Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby mengecek daerah yang terdampak banjir.

Riauaktual.com - Bupati Kuantan Singingi Drs H Suhardiman Amby, mengingatkan warganya yang tinggal di sepanjang bantaran Sungai Kuantan untuk tetap siaga. Pasalnya, kondisi Sungai Kuantan serta beberapa anak sungai lainnya kembali meluap pasca curah hujan tinggi yang terjadi beberapa hari terakhir. 

Hal itu disampaikan Bupati H Suhardiman Amby Minggu, (31/12/2023) di Teluk Kuantan. Suhardiman juga mengingatkan seluruh Camat dan Kepala Desa serta stakeholder terkait, untuk siaga memberikan pertolongan.

"Kita ingatkan semua stakeholder untuk memberikan himbauan dini kepada masyarakat untuk berjaga-jaga jika banjir datang kembali," kata Suhardiman.

Sementara di tempat terpisah, Camat Hulu Kuantan, Azizman melaporkan telah terjadi banjir bandang di Desa Mudik Ulo, Kecamatan Hulu Kuantan, akibat meluapnya Sungai Ulo dan anak Sungai Joriang di desa tersebut, Minggu 31/12/23 sekitar pukul 06.00 WIB. 

"Banjir akibat curah hujan tinggi, sehingga kedua sungai meluap dan merendam sedikitnya 31 rumah warga 1 kantor BUMDes, dan 1 Musholla," ungkap Azizman.

Saat ini pihak kecamatan Hulu Kuantan sudah terjun ke TKP, bersama Pemdes,  Kapolsek, Danramil, guna membantu menyelamatkan barang-barang berharga warga seperti, perabotan rumah tangga,  sepeda motor dan lainnya.

Azizman juga menjelaskan, atas instruksi Bupati H Suhardiman Amby, juga telah diserahkan bantuan berupa beras,mie instan dan lainnya untuk warga terdampak.

"Saat ini kondisi di Mudik Ulo sudah mulai surut, namun warga diminta tetap waspada karena curah hujan masih tinggi," jelas Azizman.

Sedangkan untuk kondisi debit air sungai Kuantan cukup tinggi sehingga diminta kepada daerah bagian hilir untuk waspada, sebab bakal terjadi banjir susulan.

#BANJIR

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index