6 Stadion Ini Berpotensi Gantikan SUGBK Jadi Venue Piala Dunia U-17

6 Stadion Ini Berpotensi Gantikan SUGBK Jadi Venue Piala Dunia U-17
Jakarta International Stadium atau JIS, salah satu stadion yang diproyeksikan jadi venue Piala Dunia U-17 2023. Foto: dok.jpnn.com

Riauaktual.com - Menyusul Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta akan digunakan untuk konser Coldplay, maka pemerintah Indonesia akan mencari aternatif pengganti venue Piala Dunia U-17 2023.

Seperti diketahui, FIFA telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 untuk menggantikan Peru yang tak memenuhi infrastruktur.

Penunjukkan mendadak ini seharusnya tidak membuat Indonesia panik karena memang sebelumnya sudah bersiap jadi tuan rumah PIala Dunia U-20 2023.

Namun hak tuan rumah World Cup U-20 2023 itu dicabut FIFA setelah ramai penolakan Israel jadi kontestan turnamen kelompok umur ini.

Tapi kini setelah ditunjuk lagi jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, Indonesia sudah menyiapkan sejumlah stadion.

Antara lain Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Manahan (Solo), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta).

Keenam stadion tersebut telah dinyatakan layak menggelar Piala Dunia U-20, meski tetap terdapat sejumlah evaluasi.

Hal-hal terkait evaluasi tersebut, seperti tempat parkir dan penambahan ruangan VIP.

Sampai saat ini, PSSI masih belum mengumumkan nama-nama stadion calon tempat berlangsungnya pertandingan-pertandingan Piala Dunia U-17.

Informasi terkini menyatakan bahwa PSSI menyiapkan 10 stadion untuk ajang tersebut.

Dalam salah satu arahannya, Presiden Joko Widodo juga telah meminta kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk mempertimbangkan stadion-stadion lain sebagai lokasi pertandingan ajang tersebut.

Hal itu terutama karena Stadion Utama GBK akan menjadi lokasi berlangsungnya konser kelompok musik Coldplay pada 15 November. Sedangkan Piala Dunia U-17 diagendakan berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember.

Berikut deretan stadion alternatif yang dapat digunakan untuk menggelar Piala Dunia U-17 2023, menggantikan SUGBK yang sebagaimana dilansir dari Pojoksatu.id : 

1. Jakarta International Stadium (JIS)

Salah satu stadion yang rencananya akan diajukan untuk menjadi opsi bagi penyelenggaraan Piala Dunia U-17 adalah Jakarta International Stadium (JIS).

Namun JIS dinilai memiliki sejumlah masalah yang dianggap tidak memenuhi standar FIFA.

Antara lain rumput stadion, akses penonton dan area parkir.

PSSI dan pemerintah Indonesia siap merenovasi JIS untuk memenuhi standar FIFA agar bisa digunakan pada PIala Dunia U-17 2023.

Namun semua itu masih menunggu hasil peninjauan resmi FIFA sebelum mengkaji sejauh mana renovasi akan dilakukan.

JIS sejauh ini belum pernah menjadi tempat berlangsungnya pertandingan internasional antarnegara.

Namun stadion itu pernah dipakai untuk menggelar turnamen International Youth Championship pada 2022, yang diikuti oleh tim Barcelona U-18 dan Atletico Madrid U18.

Di stadion itu Persija Jakarta juga pernah mengadakan pertandingan persahabatan melawan Chonburi FC, dengan situasi stadion dipenuhi oleh para penggemar mereka pada Juli 2022.

2. Stadion Wibawa Mukti Cikarang

Pemerintah Kabupaten Bekasi telah mengkomunikasikan ke PSSI agar stadion berkapasitas 30 ribu tempat duduk ini masuk daftar venue Piala Dunia U-17 2023.

Stadion Wibawa Mukti memang telah beberapa kali menggelar pertandingan internasional. Seperti pada Asian Games 2018 lalu.

Stadion di Cakarang Timur ini juga kerap dipakai Persija Jakarta sebagai kandang pada kompetisi Liga 1.

3. Stadion Patriot Candrabagha Bekasi

Stadion Patriot Candrabagha pernah menjadi tuan rumah timnas saat menantang Vietnam pada pertandingan fase grup Piala AFF U-19 pada 2022.

Selain itu Stadion Patriot Candrabagha relatif mudah dijangkau dengan menggunakan bus, dan jalan di sekitar stadion itu cukup lebar.

4. Stadion Pakansari Bogor

Stadion Pakansari di Cibinong, Kabupaten Bogor sudah beberapa kali menggelar pertandingan internasional.

Seperti final Piala AFF 2016, final Asian Games 2018, serta pertandingan FIFA Match Day Indonesia melawan Curacao pada 2022.

Tetapi belakangan diketahui bahwa markas Persikabo 1973 itu sedang mengalami renovasi oleh Pemerintah Kabupaten Bogor dan diperkirakan baru dapat digunakan pada akhir 2023.

5. Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Markas Persib Bandung ini telah berpengalaman menggelar pertandingan internasional. Sayangnya stadion GBLA mengalami masalah akses transportasi yang terbatas.

Selain jalan tol, jalan-jalan alternatif menuju stadion ini tergolong kecil, dan akan menimbulkan kemacetan panjang saat hari pertandingan.

6. Stadion Jatidiri Semarang

Stadion yang merupakan markas PSIS Semarang ini baru selesai direnovasi secara bertahap pada Januari 2023.

Renovasi terkini yang dimulai sejak 2016 itu telah mengubah Stadion Jatidiri menjadi bernuansa modern, termasuk dengan penerapan sistem single seat pada kursi penonton.

Walaupun demikian, Stadion Jatidiri tercatat belum pernah menjadi tempat berlangsungnya pertandingan internasional.

Jadi Stadion Jatidiri masih membutuhkan sertifikat kelayakan dari AFC dan FIFA untuk dapat menyelenggarakan pertandingan level Piala Dunia U-17 2023.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index