Data SimilarWeb Belum Bisa Dijadikan Acuan Ranking Media Online

Data SimilarWeb Belum Bisa Dijadikan Acuan Ranking Media Online
SimilarWeb

Riauaktual.com - Salah seorang agensi kreatif dari Kota Pekanbaru yang berpengalaman dalam menyediakan berbagai layanan pembuatan Website dan Aplikasi, Afandi menyebut, dari analisis yang dia lakukan terhadap SimilarWeb.com sebagai platform analitik web yang menyediakan informasi mengenai lalu lintas dan metrik kinerja situs web, saat ini tidak bisa dijadikan acuan dalam menentukan ranking media online.

Poin pertama yang menjadi perhatian Fandi yaitu soal metodeologi pengumpulan data SimilarWeb. Mengutip dari situs SimilarWeb langsung dari alamat ini
https://support.similarweb.com/hc/en-us/articles/360001631538-Similarweb-Data-Methodology ada yang namanya Direct Measurement - millions of websites and apps choose to share their first-party analytics with us.

First-Party Direct Measurement

Our machine learning algorithms are fed by millions of websites’ and apps’ first-party analytics (e.g., Google Analytics), both proprietary and sourced through partners. By connecting direct measurement tools to the Similarweb dataverse, companies put their own data in the context of their market, benefitting from unparalleled insights that empower them to see their business’s performance relative to the market, leverage advanced analytics, and optimize estimations. Companies that monetize traffic (e.g., Publishers) often choose to publicly share their website’s first-party analytics of directly measured traffic and engagement data with Similarweb’s tens of millions of users.

"Artinya SimilarWeb tidak murni menganalisa langsung sebuah web, Similarweb menggunakan analitik pihak pertama seprti Google Analityc untuk mengumpulkan data, similarweb juga ada fitur khusus untuk menghubungkan website kita ke similarweb," kata Fandi kepada datariau.com saat berbincang, Kamis (30/3/2023).

"Jadi kesimpulanya situs yang tidak dihubungkan Google Analitic-nya dengan similarweb, situs tersebut tidak akurat datanya," lanjut Fandi.

Kemudian yang menjadi catatan Fandi juga mengenai Google Analytics sekarang mempunyai 2 versi, versi pertama Google Analytics 3 dan yang baru ini Google Analytics 4.

Versi 3 biasanya kode tracking-nya itu awalnya (UA), sedangkan Analytics 4 biasanya ditandai kode G-. (Selengkapnya tentang Google Analitycs bisa dibaca di https://idwebhost.com/blog/google-analytics-4/

"Similarweb tidak bisa memproses data situs yang menggunakan Google Analytics 4, hal ini juga sumbernya langsung dari situs mereka bahwa untuk saat ini similarweb belum support google analytics 4, oleh karena itu bagiamana statistik sebuah website bisa masuk ke similarweb jika salah satu sumber data utamanya yaitu Google Analityc tidak bisa terhubung," jelas Fandi.

Hal ini bisa dilihat dalam website similarweb https://support.similarweb.com/hc/en-us/articles/208420125-Connecting-Google-Analytics-and-Similarweb

Q: Can I connect my GA4 Google Analytics property to Similarweb?

Similarweb is constantly working to expand our support of different direct measurement tools. We do not currently support GA4 connections, but we are working to support this functionality in the future.

Secara rinci Fandi menyampaikan alasan mengapa Similarweb tidak bisa dijadikan acuan utama peringkat Website Terpopuler di Riau, diantaranya:

1. Similarweb menggunakan aplikasi pihak ketiga sebagai sumber data utamanya, dalam hal ini Google Analytics

2. Metode direct measurement (pengukuran langsung) dari Similarweb hanya berlaku untuk website yang membagikan akses aplikasi/share data analitic-nya

3. Similarweb tidak bisa memproses/mengumpulkan data website yang menggunakan Google Analityc Versi 4

4. Website yang menggunakan Google Analytics versi 3 harus dihubungkan terlebih dahulu di similarweb menggunakan fitur yang ada di tautan ini https://www.similarweb.com/connect/

5. Masih banyak website di Riau yang belum terhubung langsung di SimilarWeb

6. Ada metode lain selain similarweb untuk melihat kinerja sebuah website, yaitu:

- Google Webmaster Console, metode ini bisa diuji secara ilmiah karena sebuah website yang akan masuk di pencarian Google biasanya harus verifikasi terlebih dahulu

- Google Analytics, metode ini bisa digunakan dan sangat valid datanya karena untuk memproses data pengunjung website biasanya menggunakan kode tracking yang dipasang di dalam website.

"Apakah peringkat website bisa berubah? Jawabanya bisa jika situs masih menggunakan google anailtik versi 3 dan dihubungkan langsung di similiarweb," pungkas Fandi.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index