Insentif Mobil Listrik Diundur Jadi 1 April 2023

Insentif Mobil Listrik Diundur Jadi 1 April 2023
Konferensi pers Peluncuran Kebijakan Bantuan Pemerintah untuk KBLBB. ©2023 Merdeka.com

Riauaktual.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan kebijakan pemerintah insentif kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) untuk mobil listrik akan diberlakukan mulai 1 April 2023.

Awalnya, pemerintah akan memberikan insentif kendaraan motor, mobil dan bus listrik pada hari ini, Senin (20/3). Namun, untuk kendaraan beroda empat dan bus, pemerintah memutuskan untuk menunda pemberian insentif sampai 1 April 2023.

"Untuk KBLBB roda empat termasuk bus, program insentif fiskal akan diumumkan kebijakannya tepat tanggal 1 April mendatang," ujar Luhut Konferensi Pers Acara Peluncuran Kebijakan Bantuan Pemerintah Untuk KBLBB, Jakarta, Senin (20/3) kemarin yang sebagaimana dikutip dari Merdeka.com.

Dia menjelaskan, pengembangan ekosistem industri KBLBB merupakan sektor strategis yang memiliki potensi besar untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, mempercepat inovasi, dan mempercepat dekarbonisasi di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah hari ini secara resmi meluncurkan program ini sehingga adopsi massal pengguna KBLBB dapat segera terwujud.

"Dengan adanya adopsi massal ini bersamaan dengan berbagai kebijakan yang lainnya, diharapkan industri transportasi Indonesia dapat bertransformasi menuju ke arah industri yang lebih hijau. Industri yang terbangun nantinya juga akan memperkuat posisi Indonesia di rantai nilai sumber daya mineral, baterai serta kendaraan," kata dia.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index