Suasana Mencekam saat Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Suasana Mencekam saat Kebakaran Depo Pertamina Plumpang
Kebakaran Depo Pertamina Plumpang. ©Twitter/@humasjakfire

Riauaktual.com - Depo Pertamina Plumpang mengalami kebakaran hebat. Kebakaran terjadi sekitar pukul 20.20 WIB. Kebakaran berdampak pada permukiman warga di dua RW Kelurahan Rawabadak Selatan, Koja, Jakarta Utara.

Warga yang tinggal di permukiman sekitar Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara menceritakan detik-detik mencekam ketika kebakaran. Warga panik berhamburan ke luar rumah saat awal peristiwa kebakaran.

Warga juga sempat tercium bau gas sehingga sebagian berupaya segera menyelamatkan diri. Warga berteriak-teriak histeris agar tidak ada yang menyalakan api.

“Jedor (terdengar ledakan) setelah reda hujan, asapnya itu bau LPG (gas), saya teriak-teriak warga pada lari, terus ada yang ngumumin ‘jangan ada yang nyalain api’, pas saya keluar ke sini, api keluar dari atas sini (kabel),” tutur Rosidi (57) sebagaimana dikutip dari Merdeka.com di sekitar lokasi, Jumat (3/3/2023).

Menurut Rosidi, ledakan terdengar setelah muncul nyala api yang terlihat dari kejauhan. Dia menduga, suara itu berasal dari tabung gas yang tersambar si jago merah.

“Di sini (saya) cuma radius berapa meter doang,” jelas dia.

Warga kemudian diarahkan menuju sekitaran Koramil Koja. Adapun kembali menurutnya bau gas baru tercium tidak lama setelah ledakan terjadi.

“Dari RW9, RW10, RW11, sudah ngungsi,” Rosidi menandaskan.

Warga lain juga mengaku sempat mendengar suara petir kencang menyambar disertai dengan hujan lebat. Tak salam setelahnya tercium aroma gas.

"Bau gas sekitar 20.30 WIB lalu ada ledakan petir dan ada percikan api dari kabel," cerita Slamet (42) warga sekitar Plumpang.

Tak lama setelahnya, muncul kobaran asap dan disusul dengan api yang berasal dari depo Pertamina. Bau gas yang mengingat sempat tercium, membuat warga sekitar berhamburan.

"Pas ada bau itu warga pada kabur semua, pada batuk-batuk, pada sesak nafas, langsung kabur," ujarnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index