Korban gempa Turki Selamat Usai 12 Hari Terkubur di Reruntuhan

Korban gempa Turki Selamat Usai 12 Hari Terkubur di Reruntuhan
Korban gempa Turki selamat usai 12 hari terkubur di reruntuhan (TRT World)

Riauaktual.com - Keajaiban terjadi lagi terhadap korban gempa Turki. Hakan Yasinoglu selamat usai 12 hari terkubur di reruntuhan bangunan di provinsi selatan Turki.

Tim penyelamat Turki berhasil menarik seorang pria usia 45 tahun keluar dari reruntuhan bangunan, setelah ia berada di dalam puing-puing bangunan selama hampir 12 hari lamanya sejak gempa mengguncang.

Pria bernama Hakan Yasinoglu berhasil diselamatkan pada Jumat (17/2/2023) setelah ia bertahan selama 278 jam atau 12 hari tanpa makanan dan minuman.

Selain tak makan minum selama 12 hari, Hakan juga harus menghadapi cuaca dingin yang sangat mencekam di balik reruntuhan, di Hatay, provinsi selatan Turki yang dekat dengan perbatasan Suriah.

Penemuan korban terbaru itu telah menyusul tiga orang lainnya, termasuk seorang bocah berusia 14 tahun yang juga berhasil diselamatkan pada Kamis (16/2), dengan pencarian di beberapa lokasi kini masih terus berlangsung.

“Upaya penyelamatan berlanjut di kurang dari 200 lokasi di wilayah tersebut,” kata Wakil Presiden Turki Fuat Oktay.

Menanggapi banyaknya korban yang masih dapat bertahan di balik reruntuhan meski sudah belasan hari lamanya, membuat para ahli memberikan harapan bahwa masih banyak korban lainnya yang masih bisa diselamatkan.

Sejauh ini gempa telah menewaskan lebih dari 45 ribu orang di Turki dan Suriah, dengan merusak atau meruntuhkan sekitar 80 ribu bangunan dan melukai puluhan ribu warga lainnya.

Dimuat Malay Mail pada Sabtu (18/2), berdasarkan video yang beredar di media sosial, penyelamat terlihat sangat berhati-hati mengangkat Hakan Yasinoglu keluar.

Dan segera menghangatkan badan pria dewasa yang 12 hari tertimbun di reruntuhan ini menggunakan jaket termal emas dan diikat dan ditandu oleh tim agar ia tidak terjatuh.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index