Pemko Pekanbaru Cabut Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi

Pemko Pekanbaru Cabut Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi
Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru resmi mencabut mencabut status siaga darurat bencana hidrometeorologi terhitung, Selasa (31/1/2023). Pencabutan status ini seiring Kota Pekanbaru bakal dihadapkan dengan musim kemarau.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Chandra mengatakan, berdasarkan konfirmasi dengan BMKG Pekanbaru bakal memasuki musim kemarau pada bulan Februari 2023 ini.

"Sekarang kita lihat sendiri sudah terjadi pancaroba nya. Namun demikian kita imbau warga kita di daerah yang berpotensi agar tetap waspada banjir. Karena kita lihat cuaca juga mendung tapi tidak hujan," ujar Zarman Chandra, Selasa (31/1/2023).

Dirinya mengimbau kepada dinas terkait untuk memperhatikan pohon tua, agar dapat diantisipasi terhadap potensi pohon tumbang saat musim pancaroba ini.

Ia menyampaikan, bencana hidrometeorologi ini mencakup banjir, tanah longsor dan puting beliung. Penetapan status tersebut dimulai sejak 10 November 2022 lalu. Saat itu Kota Pekanbaru sedang musim hujan hingga berpotensi banjir di sejumlah wilayah.

Ia menambahkan, BPBD Kota Pekanbaru mencatat tidak ada korban jiwa akibat bencana alam sepanjang tahun 2022 kemarin.

Walupun demikian, diakui banyak warga yang harus mengalami kerugian materil akibat banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

"Memang ada korban luka-luka pada saat bencana pohon tumbang beberapa waktu lalu, tapi sudah dilakukan perawatan medis dan sudah pulang," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index