Kota Siak Waspada Kemunculan Harimau, KSDA Riau Pasang Box Trap

Kota Siak Waspada Kemunculan Harimau, KSDA Riau Pasang Box Trap
Tangkapan layar rekaman CCTv milik masyarakat di Kota Siak.

Riauaktual.com  - Masyarakat yang berada di Kota Siak agar lebih waspada dalam melakukan kegiatan dalam kesehariannya, sebab ada bahaya yang mengintai. Dimana, belakangan ini dikagetkan dengan kemunculan satwa Harimau Sumatera.

Kemunculan satwa dilindungi ini terekam oleh kamera pengintai milik masyarakat, dalam rekaman itu tampak satwa harimau mondar-mandir di pemukiman padat penduduk tepatnya di pertokoan.

"Berdasarkan hasil rekaman CCTv, dapat dipastikan Harimau Sumatera telah muncul dan masuk di wilayah Kota Siak," kata Plt Kepala Bidang KSDA Riau Wilayah II, Hartono, Minggu (22/1/2023).

Oleh sebab itu, BKSDA Riau langsung menurunkan tim ke lokasi temuan itu. Tim melakukan investasi bersama Pemkab Siak hingga TNI-Polri. Sejauh ini, upaya penangkapan terhadap satwa tersebut telah dilakukan yang nantinya akan dilakukan evaluasi ke habitat hutan.

"Tim sudah melakukan pemasangan kamera Trap dan box Trap dimana lokasi harimau Sumatera tersebut muncul. Dengan adanya kegiatan ini, nanti kam bersama tim dilapangan untuk dapat segera bisa mengevakuasi terhadap satwa tersebut," ulasnya.

Munculnya satwa endemik Pulau Sumatera itu di Kota Siak, tambah Hartono, itu dikarenakan letak geografis Kota Siak dengan kawasan hutan tidaklah jauh. "Kalau melihat posisi Kabupaten Siak itu memang dengan kawasan hutan berjarak lebih kurang 6,2 KM," imbuhnya.

"Terakhir semalam, berdasar patroli, tim langsung melihat keberadaan harimau Sumatera itu di sekitar hutan kota, semoga apa yang kita lakukan itu bisa segera membuahkan hasil," pungkasnya.

Berita Lainnya

index