Pendaftaran P3K Formasi Nakes Pemko Pekanbaru Sepi Peminat

Pendaftaran P3K Formasi Nakes Pemko Pekanbaru Sepi Peminat
Kepala BKPSDM Kota Pekanbaru, Baharudin

Riauaktual.com - Pendaftaran pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sepi peminat. Pendaftaran yang telah dibuka sejak awal bulan ini hanya diisi sejumlah pelamar.

Ada dua formasi yang disediakan Pemko Pekanbaru untuk P3K tahun 2022, yakni formasi guru dan tenaga kesehatan (Nakes) Jika dibandingkan dengan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang  biasanya mencapai ribuan pelamar, namun untuk pelamar P3K tahun ini total hanya diikuti ratusan pelamar.

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) Kota Pekanbaru mencatat, per tanggal 14 November untuk formasi Nakes hanya ada 7 orang pelamar. Kemudian untuk formasi tenaga guru hanya sebanyak  273 pelamar.

"Itu data sementara ya masih kemungkinan berubah, karena pendaftaran belum berakhir," kata Kepala BKPSDM Kota Pekanbaru, Baharudin, Rabu (16/11/2022).

Baharudin menjelaskan, jika mengacu kepada ketentuan awal, pada Selasa (15/11/2022) merupakan waktu pendaftaran terakhir. Namun diperpanjang selama tiga hari atau hingga 18 November 2022.

"Untuk tenaga P3K formasi tenaga kesehatan,  jadwal pendaftarannya telah diperpanjang hingga 18 November nanti," terangnya.

Rencananya hasil seleksi diumumkan satu hari setelah pendaftaran berakhir. Pengumuman hasil seleksi administrasi berlangsung pada 19 November 2022 hingga 20 November 2022.

Sejauh ini BKPSDM Kota Pekanbaru belum  mengetahui penyebab rendahnya minat masyarakat untuk mendaftar pada P3K .

"Yang perlu digaris bawahi, BKPSDM pada penerimaan P3K ini hanya bersifat memfasilitasi. Mengingat untuk tahapan seleksi dilakukan secara langsung oleh Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan," tegas Baharuddin.

Awalnya Pemko Pekanbaru mengajukan 392 formasi P3K untuk tahun 2022 ini. Namun hanya 377 diantaranya dikabulkan oleh Kemenpan RB. Dari 377 formasi yang dikabulkan itu, 260 formasi untuk guru seluruhnya disetujui.

Kemudian, 69 formasi untuk tenaga kesehatan juga disetujui. Lalu untuk tenaga teknis, Pemko Pekanbaru mengusulkan 63 formasi dan hanya disetujui 48 formasi. 

Berita Lainnya

index