PUPR Sebut Luapan dari Sungai Siak Jadi Salah Satu Penyebab Banjir di Pekanbaru

PUPR Sebut Luapan dari Sungai Siak Jadi Salah Satu Penyebab Banjir di Pekanbaru
Banjir di Pekanbaru

Riauaktual.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, mengungkapkan salah satu penyebab terjadinya banjir pada, Selasa (4/10/2022) kemarin akibat luapan air sungai siak.

Akibatnya sejumlah sungai juga penuh akibat debit air tinggi hingga menyebabkan sejumlah pemukiman warga yang tidak jauh dari badan sungai di rendam banjir.

"Debit curah hujan yang sangat tinggi, Sungai Siak itu dipantau memang airnya lebih tinggi dari pada biasanya. Sehingga air diteruskan ke sungai," ujar Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Rabu (5/10/2022).

Menurutnya, dengan kondisi tersebut membuat sejumlah sungai juga penuh dan tidak mampu lagi menampung debit air sehingga merendam beberapa pemukiman warga.

"Seperti Sungai Sail, biasanya mampu menampung, apalagi setelah kita lakukan normalisasi selama 6 bulan itu mampu menampung. Tapi karena air Sungai Siak tinggi, curah hujan juga tinggi makanya terjadi banjir," ulasnya.

Indra mengaku, pihaknya tetap melakukan upaya normalisasi sungai dan drainase untuk mengatasi masalah banjir. Setidaknya, ada sekitar 80 rumah yang direndam banjir saat itu. Pemerintah kota juga memberikan bantuan terhadap warga korban banjir. 

Berita Lainnya

index