Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia
Semarak perayaan platinum jubilee Ratu Elizabeth II di London. ©Paul Grover/Pool via REUTERS

Riauaktual.com - Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Penguasa Inggris ini menghembuskan napas terakhir pada usia 96 tahun. Kerajaan Inggris mengkonfirmasi kabar ini melalui akun twitter resmi.

"The Queen died peacefully at Balmoral this afternoon. The King and The Queen Consort will remain at Balmoral this evening and will return to London tomorrow."

Dilansir dari situs Royal.co.uk, Elizabeth lahir 21 April 1926 di ibu kota Inggris, London. Dia adalah putri dari Pangeran George dan istrinya yang juga bernama Elizabeth. Dia memiliki adik perempuan bernama Putri Margaret.

Saat kecil, dikenal dengan nama Lilibeth. Dia harus mengemban tugas menjadi pewaris tahta Inggris setelah pamannya, Raja Edward, memilih meninggalkan tahta kerajaan.

Pangeran George harus naik takhta menjadi Raja George VI, dan Putri Elizabeth menjadi putri mahkota.

Dilansir Liputan6.com, sesuai namanya Ratu Elizabeth II adalah Elizabeth kedua yang menjadi ratu dalam sejarah keluarga kerajaan Inggris. Yang pertama adalah Ratu Elizabeth I, ratu terakhir dari Dinasti Tudor.

Ratu Elizabeth II tercatat sebagai penguasa dengan periode pemerintahan paling lama dalam sejarah Inggris. Masa kekuasaannya resmi masuk tahun ke-70 pada tahun 2022.

Ratu Elizabeth II menikah dengan Pangeran Philip. Mereka dikaruniai empat anak yakni Charles, Anne, Andrew, dan Edward. Charles menikah dengan Putri Diana dan memberikan dua cucu kepada sang ratu: Harry dan William. Kelak, Harry akan menjadi raja Inggris.

 

 

Sumber: Liputan6.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index