Viral Video Belatung di Miss V, dr Boyke Pastikan Rekayasa

Viral Video Belatung di Miss V, dr Boyke Pastikan Rekayasa
dr Boyke Dian Nugraha SpOG MARS. Foto tangkapan layar YouTube Desta Natasha Family

Riauaktual.com - Media sosial digemparkan video menyeramkan, muncul belatung dari dalam Miss V saat bercinta. Para pakar, termasuk dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, meyakini video tersebut cuma rekayasa.

"Belatung itu enggak mungkin kecuali pada orang yang mati. Itu akal-akalan saja untuk shock factor," komentar dr Boyke sebagaimana dikutip dari detikcom, Sabtu (15/1/2022).

Menurutnya, belatung tidak mungkin tumbuh di jaringan hidup. Penyakit-penyakit infeksi, seperti sifilis atau kencing nanah misalnya, menurutnya tidak pernah menyebabkan ada belatung tumbuh di organ intim.

Pendapat senada disampaikan oleh dr Wisnu Setyawan, SpOG(K), dari Morula IVF Tangerang. Menurutnya, belatung hanya hidup di jaringan yang mati, bukan jaringan yang masih sehat.

"Kemungkinan buatan," tegasnya.

Kalaupun ada organisme hidup di vagina, dr Wisnu menjelaskan cacing kremi lebih mungkin ada di tempat itu. Parasit ini hidup di saluran pencernaan, dan saat dewasa bisa keluar melalui anus. Terkadang, dalam prosesnya ada yang berpindah masuk vagina.

"Namanya oxyuris vermicularis. Tapi ini jarang, biasanya pada yang hygiene-nya kurang bagus," terang dr Wisnu.

Saran psikolog

Terkait dengan respons netizen yang mengaku ketakutan dengan video viral tersebut, psikolog klinis Veronica Adesla menyarankan untuk menggunakan akal sehat. Tanpa ada kejelasan ilmiah, maka video tersebut tidak ubahnya seperti film horor, yang sengaja dibuat atau direkayasa. Karenanya, tidak ada yang perlu ditakutkan.

Tidak kalah penting, Vero yang juga Co-Founder Ohana Space mengingatkan untuk tidak ikut-ikutan men-share atau membagikan video yang tidak jelas kebenarannya tersebut. Kepo boleh, tetapi sebaiknya berhenti di tangan masing-masing.

"Apa pentingnya melihat (video) itu? Itu pertanyaan pertama. Apa faedahnya melihat itu? Misalnya ternyata cuma membuat tidak nyaman begitu setelah dibahas, kemungkinannya juga nggak mungkin (di dunia nyata), begitu dibuat-buat. Cuma membuat orang yang posting semakin dapat sorotan. Ngapain berkontribusi untuk hal seperti itu? Kontribusinya menjadi negatif kalau seperti itu," jelas Veronica.

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index