Gempa M 6,6 Yang Gunjang Jakarta Terasa Kencang

Gempa M 6,6 Yang Gunjang Jakarta Terasa Kencang
Foto: Getty Images/iStockphoto/Petrovich9

Riauaktual.com - Gempa besar terjadi di Jakarta. Guncangannya terasa kencang di gedung-gedung tinggi. Data InaTEWSBMKG menyebut ada gempa terjadi dengan kekuatan M 6,6 (sudah direvisi oleh BMKG menjadi M 6,7, kemudian diperbarui lagi menjadi M 6,6).

Pusat Gempa Banten yang Terasa di Jakarta

Berdasarkan informasi dari BMKG setelahnya, pusat gempa adalah di Sumur, Banten. Gempa Banten berkekuatan M 6,6. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Gempa terjadi pada pukul 16.05 WIB. Lokasi gempa berada di koordinat 7,01 Lintang Selatan dan 105,26 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut pada kedalaman 40 km (sebelumnya dinyatakan BMKG di kedalaman 10 km).

Gempa Jakarta Terasa Kencang di Gedung-gedung Tinggi

Gempa Jakarta yang berpusat di Banten ini terasa kencang di gedung-gedung tinggi. Salah satunya di Gedung KPK, Jakarta Selatan. Para pegawai KPK yang panik langsung keluar Gedung Merah Putih.

Di kawasan Tendean, para karyawan kantor berlarian keluar menyelamatkan diri ketika gempa M 6,6 ini mengguncang Jakarta. Karyawan lari dari lantai atas gedung dengan menuruni tangga darurat.

Analisis Sementara Gempa Banten yang Terasa Hingga Jakarta

Berikut informasi lanjutan dari BMKG tentang Gempa Banten yang diperbarui menjadi berkekuatan M 6,6:

Magnitudo: M 6,6
Pusat: koordinat 7,21° LS ; 105,05° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jenis: gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi
 

 

 

Sumber: Detikcom

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index