BBKSDA Riau Evakuasi Owa Ungko Betina Dari Rumah Warga

BBKSDA Riau Evakuasi Owa Ungko Betina Dari Rumah Warga
Tim rescue Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Jumat (24/12) melakukan evakuasi satwa Owa Ungko ( Hylobates Agilis )

Riauaktual.com - Tim rescue Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Jumat (24/12) melakukan evakuasi satwa Owa Ungko ( Hylobates Agilis ) dari Desa Sungai Keranji, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi.

Evakuasi tersebut dilakukan berkat laporan dari masyarakat setempat ke BBKSDA Riau ingin menyampaikan keinginan untuk menyerahkan seekor satwa Owa Ungko secara sukarela.

"Satwa ini berjenis kelamin betina dengan kondisi yang sehat, lincah dan agresif. Diperkirakan Owa Ungko berumur 14 tahun," kata Plh Kepala Balai Besar KSDA Riau, Hartono, Senin (27/12) pagi.

Sambung Hartoni dari laporan yang diterima, tim berangkat menuju Desa Sungai Keranji untuk menindaklanjuti laporan tersebut. Sesampai di lokasi tim berkoordinasi dengan pak Desri Aria sebagai pemilik satwa.

"Berdasarkan keterangan Bapak Desri ketika beliau mau menyadap karet di kebunnya terdengar bunyi suara benda yang jatuh dari pepohonan karet, kemudian beliau mendekati benda jatuh dan menemukan dua bayi satwa Owa ungko (jantan dan betina) yang masih lemah," sambungnya.

Menemukan dua buah satwa tersebut,  Desri Aria langsung membawa kerumah untuk dirawat.

"Setelah tiga minggu dirawat, salah satu Owa jantan mati. Dan tinggal Owa betina yang masih hidup sampai sekarang. Owa betina tersebut dipelihara dibelakang rumah tepatnya diikat dekat pohon," lanjut Hartono lagi.

Dari keterangan Desri, dirinya mengetahui bahwa satwa tersebut satwa yang dilindungi sehingga berinisiatif untuk menyerahkan ke pihak Balai Besar KSDA Riau.

"Tim kemudian memindahkan satwa dari batang pohon ke kandang evakuasi untuk dibawa ke kandang transit satwa Balai Besar KSDA Riau di Pekanbaru untuk observasi sebelum dilakukan tindakan selanjutnya," tutup Hartono.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index