Tembus 800 Gol, Ronaldo Jadi Pesepakbola Tertajam di Bumi

Tembus 800 Gol, Ronaldo Jadi Pesepakbola Tertajam di Bumi
Selebrasi striker MU, Cristiano Ronaldo usai mencetak gol ke gawang Arsenal. (Foto: AFP)

Riauaktual.com - Dua gol yang dicetak Cristiano Ronaldo untuk membantu kemenangan Manchester United 2-0 atas Arsenal pada Jumat (3/12/2021) dini hari membuat pemain asal Portugal itu jadi pesekabola tertajam di bumi.

Ronaldo kini menjadi pesepakbola pertama dalam sejarah yang mencetak 801 gol dalam kariernya. Jumlah tersebut ditorehkannya dalam 1,097 pertandingan yang dimainkan.

Dari jumlah tersebut, 130 gol dicetaknya dalam dua kali kesempatan membela MU, 5 gol untuk Sporting Lisbon, 450 untuk Real Madrid, 101 untuk Juventus dan 115 untuk Timnas Portugal.

Dia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa di sepakbola internasional pria, di Liga Champions dan untuk Real Madrid.

Pencetak gol terbanyak Premier League sepanjang masa Alan Shearer bahkan tak sungkan memberikan pujian. "Anda hanya perlu duduk di sana dan berkata 'wow' dan bertepuk tangan untuk pria itu. Ini adalah tekadnya. Sangat sulit untuk mencapai puncak tetapi tetap di sana juga. Anda harus bangun di pagi hari dan pergi lagi dan seluruh dunia mencari Anda untuk tampil setiap minggu. Ini sangat fenomenal. apa yang telah dia lakukan," puji Shearer.

Rekan setim Ronaldo di United dan Portugal, Bruno Fernandes menambahkan, "Luar biasa. Kita semua tahu dia meningkatkan permainan demi pertandingan, tahun demi tahun. Dia ingin terus menjadi yang terbaik dan itulah yang dia lakukan. Dia tahu bagaimana memotivasi diri sendiri."

Usai mengantarkan kemenangan MU, Ronaldo meminta tim untuk tetap fokus. "Pikiran kita sudah tertuju pada pertandingan berikutnya, tidak ada waktu untuk merayakannya! Kemenangan hari ini sangat penting untuk kembali ke jalurnya, tetapi jalan masih panjang untuk kita tempuh sampai kita mencapai tujuan kita.Selamat untuk semua rekan tim saya, semangat yang luar biasa malam ini! Dan terima kasih yang sangat khusus kepada para pendukung kami, kami tidak dapat melakukannya tanpa Anda," tulis Ronaldo di akun IG.

Apakah Ronaldo pencetak gol terbanyak sepanjang masa? Sejauh ini tidak ada database pusat untuk menetapkan pencetak gol terbanyak sepanjang masa sepakbola, tetapi Ronaldo jelas berada di puncak peringkat untuk pertandingan resmi di level tinggi.

Asosiasi sepakbola Ceko mengatakan Josef Bican, yang bermain di Cekoslowakia dan Austria, mencetak 821 gol dalam pertandingan resmi. Di tempat lain, penghitungannya berada di angka 805 termasuk tim cadangan dan gol internasional non-resmi.

Legenda Brasil Pele dan Romario secara terpisah mengklaim telah mencetak lebih dari 1.000 gol tetapi setelah gol di laga persahabatan tidak dihitung, jumlah golnya turun menjadi 700-an.

Statistik tidak resmi RSSSF mengatakan Pele (769), Romario dan Ferenc Puskas (keduanya 761) adalah pemain yang paling dekat dengan Ronaldo di ujung elit sepakbola. Lionel Messi berikutnya dengan 756 gol untuk Argentina (80), Barcelona (672) dan Paris St-Germain (empat).

Ronaldo telah mencetak lebih dari 20 gol melawan lima tim, semuanya Spanyol yakni Sevilla (27), Atletico Madrid (25), Getafe (23), serta Barcelona dan Celta Vigo (masing-masing 20).

 

 

Sumber: BBC

Berita Lainnya

View All