Berikut 5 Tips Hidup Sehat dan Bugar Sehari-Hari Ala Anak Kuliahan

Redaksi

Jumat, 26 November 2021 - 07:52:59 WIB | Cetak


Ilustrasi Mahasiswa. ©2021 pixabay/editorial Merdeka.com


Riauaktual.com - Pada masa-masa kuliah, kita kerap kali hidup dengan sedikit serampangan akibat kesibukan dan badan yang masih terasa bugar. Bahayanya, kebiasaan ini bisa terbawa hingga usia tua dan berdampak buruk pada kesehatan kelak.

Banyak orang yang makan dengan cukup sembarangan pada saat berkuliah. Hal ini ditambah dengan kebiasaan seperti begadang serta kurangnya olahraga.

Kurangnya waktu dan uang yang dimiliki mahasiswa menyebabkan kesehatan dan kebugaran ini kerap dikesampingkan. Padahal menjaga kesehatan dan kebugaran ini sebaiknya dilakukan pada usia sedini mungkin.

Melakukan pola hidup sehat juga bisa sangat membantu dalam mencegah stres akibat menumpuknya tugas kuliah. Dilansir dari Reader Digest, berikut 5 cara bagi mahasiswa untuk bisa hidup sehat dan bugar.

1. Kurangi Konsumsi Pemanis

Gaya hidup sehat dimulai dari konsumsi makanan dan minuman yang tepat. Konsumsi minuman dan makanan yang sehat bisa diperoleh dengan mengurangi pemanis yang masuk dalam tubuh.

Gula berlebih cenderung menjadi penyebab sejumlah masalah kesehatan seperti diabetes, obesitas, dan plak gigi. Konsumsi makanan dan minuman sehat bisa membuat kulit lebih muda, meningkatkan energi, serta memperkuat sistem imun tubuh.

2. Hindari Stres

Tingginya tuntutan pada mahasiswa bisa menyebabkan mereka mengalami stres. Masalah stres akibat tuntutan akademik ini dialami baik oleh pelajar maupun mahasiswa.

Stres kronis ini bisa berujung terjadinya depresi, mudah marah, kecemasa, kesulitan konsentrasi, dan meningkatnya risiko pada perilaku berisiko.

Sejumlah penyebab stres pada mahasiswa antara lain:

- Terlalu banyak tugas
- Persiapan tes atau ujian
- Kesulitan dalam memahami pelajaran
- Kesulitan menyesuaikan diri dengan perkuliahan

3. Seimbangkan Protein, Lemak, dan Karbohidrat

Konsumsi makanan secara tak seimbang bisa menjadi penyebab masalah kesehatan. Terlalu banyak karbohidrat bisa menyebabkan gula darah meningkat, terlalu banyak lemak bisa menyebabkan obesitas, dan terlalu banyak protein bisa menyebabkan masalah bagi ginjal.

Pastikan menghindari konsumsi salah satu nutrisi tersebut secara berlebih. Konsumsi makanan dengan kadar protein, lemak, dan karbohidrat secara seimbang.

Pastikan untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur dengan beragam warna. Selain itu, pastikan juga untuk tidak makan terlalu banyak agar terhindar dari masalah.

4. Berolahraga dengan Teman

Selain pola makan, olahraga merupakan kunci bagi gaya hidup sehat. Sayangnya, kesibukan yang dimiliki oleh mahasiswa membuat olahraga secara rutin cukup sulit untuk dilakukan.

Terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menyiasati masalah sulit berolahraga ini. Salah satunya adalah dengan mencari rekan untuk berolahraga.

Keberadaan teman untuk berolahraga ini bisa sangat membantu agar tidak melewatkan jadwal yang sudah dibuat. Selain membuat jadwal olahraga tetap terlaksana, cara ini juga bisa membantu memperkuat hubungan dengan teman.

5. Jangan Terlalu Mengekang

Sama seperti terlalu longgar dalam melakukan olahraga, terlalu ketat dan mengekang diri sendiri untuk melakukannya juga bisa berdampak buruk. Membuat jadwal yang terlalu ketat untuk berolahraga atau dalam konsumsi makanan sehat bisa membuat kita malah jadi terbebani.

Lakukan rencana berolahraga serta konsumsi makanan sehat dengan rasa gembira. Hal ini bisa membuat kamu tetap dapat menjalaninya secara teratur dan mudah.





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index