Zona Merah Nihil, Pekanbaru Resmi Berada di PPKM Level I

Junaidi

Kamis, 25 November 2021 - 09:46:31 WIB | Cetak


Zarman Candra


Riauaktual.com - Kota Pekanbaru resmi berada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 terhitung dari 23 November hingga 6 Desember 2021. Pekanbaru berhasil turun ke PPKM level 1 setelah penerapan PPKM level 2 hampir dua bulan.

Menurut Kepala BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra, saat ini Kota Pekanbaru dalam kondisi terbaik selama penerapan PPKM. Positivity rate Covid-19 di Kota Pekanbaru juga berada di bawah satu persen yakni 0,78 persen.

Sementara untuk bed occupancy rate atau BOR juga mengalami penurunan cukup drastis. Saat ini BOR atau tingkat ketersian rumah sakit yakni 2,02 persen. Selain itu, pasien di isolasi terpadu atau isoter kosong.

"Alhamdulillah kita berhasil turun ke PPKM level 1," kata Zarman, Rabu (24/11). 

Zarman menyebut bahwa tim dan unsur terkait berupaya meningkatkan testing untuk menurunkan positivity rate. Lalu meningkatkan vaksinasi agar bisa mencapai herd immunity.

Zarman menambahkan, pemerintah kota tetap masih menggesa vaksinasi covid-19. Satgas melalui Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru melakukan percepatan vaksinasi. 

Ditetapkannya Pekanbaru menjadi PPKM Level 1, karena berdasarkan data Dinas Kesehatan (Diskes) saat ini sudah terdapat sebanyak 9 dari 15 kecamatan yang masuk zona hijau atau tidak terdampak Covid-19. 

Sembilan kecamatan yang sudah tidak terdapat kasus positif covid itu terdiri dari Kecamatan Bukit Raya, Kulim, Limapuluh, Pekanbaru Kota, Rumbai Barat, Rumbai Timur, Sail, Senapelan, dan Tenayan Raya.

Sementara enam kecamatan lainnya masih berada pada zona kuning dengan tingkat resiko penularan rendah.

Menurut Kepala Diskes Pekanbaru melalui, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Muhammad Irwan, enam kecamatan zona kuning tersebut diantaranya Kecamatan Binawidya, Marpoyan Damai, Payung Sekaki, Rumbai, Sukajadi, dan Tuah Madani.

Secara keseluruhan,  untuk tingkat kelurahan, dari total 83 kelurahan se-Kota Pekanbaru, sebanyak 78 kelurahan sudah masuk zona hijau dan 5 lainnya masih zona kuning.

Saat ini masih terdapat sebanyak 26 kasus aktif atau warga yang terkonfirmasi covid di Kota Pekanbaru. Dari 26 kasus aktif tersebut, 24 orang tengah menjalani isolasi dan perawatan medis di sejumlah rumah sakit.

Pencegahan sebaran kasus terus dilakukan pemerintah kota. Salah satunya dengan percepatan vaksinasi Covid-19.Vaksinasi dilakukan terhadap warga yang telah dibagi menjadi tiga kelompok. Jdi





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index