Dianggap Lecehkan Benyamin S, YKS Dikecam

Dianggap Lecehkan Benyamin S, YKS Dikecam
Dianggap Lecehkan Benyamin S, YKS Dikecam. FOTO: metro

JAKARTA, RiauAktual.com - Program hiburan Yuk Keep Smile (YKS) yang tayang di salah satu stasiun televisi swasta menuai kecaman.

Pada acara yang ditayangkan Senin, 23 Juni 2014 malam, terdapat adegan yang dianggap melecehkan komedian legendaris sekaligus seniman Betawi, almarhum Benyamin Sueb.

Pada tayangan YKS tersebut Caisar dihipnotis oleh Ferdian Setiadi agar tidak takut melihat anjing. Caranya, Caisar diberikan sugesti agar membayangkan wajah Benyamin saat melihat anjing. Setelah itu, Caisar tidak takut lagi dengan anjing. Berkali-kali dia menuntun dan memanggil anjing terseut dengan sebutan Benyamin.

Salah satu yang bersuara lantang mengeluarkan kecaman adalah J.J Rizal. Sejarawan Betawi ini menganggap YKS sudah keterlaluan.

"Benyamin itu pahlawan bagi orang Betawi karena ia yang membawa seni Betawi hingga diingat masyarakat sampai sekarang. Masak iya Benyamin disamakan dengan anjing di acara YKS. Itu namanya pelecehan," ketus Rizal kepada Metrotvnews.com, Selasa (24/6/2014).

Rizal sangat kecewa. Dia menganggap banyak adegan di YKS tidak mendidik. Apalagi, ini bukan kali pertama YKS membuat lawakan yang menyinggung.

"Itu acara YKS memang enggak mendidik banget. Sebenarnya bukan hanya Benyamin yang pernah dilecehkan, kemarin-kemarin juga sempat menyinggung bangunan-bangunan tua agar dirobohkan. Itu kan namanya enggak menghargai," tegasnya.

Akibat dari tayangan tersebut, Rizal dan sejumlah elemen masyarakat Betawi hendak menggelar aksi demonstrasi. "Kemarin-kemarin saya masih diam. Namun ketika saya melihat acara YKS tadi malam, langsung saya bekerja sama dengan Bens Radio, akan membuat aksi besar-besaran," tambahnya.

Dipelopori oleh Bens Radio bersama komunitas Betawi, hari ini akan digelar aksi demonstrasi sekitar pukul 13.00 WIB. ***
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index