Sambut Bulan Suci Ramadhan 1435 H

Pemuda Dusun IV Desa Tarai Bangun Akan Adakan Balimau Kasai

Pemuda Dusun IV Desa Tarai Bangun Akan Adakan Balimau Kasai
Mandi balimau kasai. FOTO: int

TAMBANG, RiauAktual.com - Dalam rangka memasuki Bulan Suci Ramadhan 1435 H yang hanya tinggal beberapa pekan lagi, disambut oleh Pemuda Desa Tarai Bangun khususnya Pemuda Dusun IV Tarab Mulya dengan mengadakan acara Balimau Kasai di Tepian Sungai Tarai Desa Tarai Bangun Kecamatan Tambang, Kampar.

Agus Hutari, Ketua Panitia Balimau Kasai kepada wartawan, Kamis (12/6/2014), mengatakan bahwa acara balimau kasai merupakan tradisi bagi masyarakat Desa Tarai Bangun dalam menyambut bulan suci Ramadhan, dimana kegiatan tersebut bukan hanya mandi balimau saja tetapi juga memperkuat hubungan silahturahmi antara sesama warga desa, dan juga memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat desa yang majemuk ini.

“Kegiatan Balimau Kasai ini merupakan tradisi masyarakat Melayu dalam menyambut bulan suci Ramadhan, dan kegiatan ini sangat bermanfaat bukan hanya untuk mandi balimau saja tetapi juga menjalin silahturahmi dan memperkuat rasa persatuan dan kesatuan antara sesama  warga Tarai Bangun,” ujar Agus yang juga tokoh pemuda desa ini.

Dikatakan Agus, kegiatan Balimau Kasai yang dipusatkan di Sungai Tarai merupakan agenda rutin bagi masyarakat desa Tarai Bangun, sehingga masyarakat Desa Tarai Bangun tidak perlu pergi jauh-jauh ke tempat lain untuk Balimau Kasai.

“Kondisi sungai Tarai saat ini sudah kita benahi, kita melakukan pengerukan dan juga pembersihannya untuk tempat berlangsungnya acara Balimau Kasai,” kata Agus.

Ditambahkan Agus Hutari, kegiatan Balimau Kasai di sungai Tarai yang memiliki warna air yang khas yakni air berwarna merah ini, dilaksanakan pada H-1 Ramadhan 1435 H, selain mandi Balimau juga dihibur dengan orgen tunggal dan panjat batang pinang condong ke sungai Tarai nantinya untuk memeriahkan masuknya bulan Ramadhan. (rin)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index