Mantap...Rakyat Miskin Bisa Dirujuk ke RS Terkenal

Mantap...Rakyat Miskin Bisa Dirujuk ke RS Terkenal
Ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Mulai saat ini rakyat miskin yang menjadi anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bisa mendapatkan rujukan berobat di seluruh Rumah Sakit (RS) baik pemerintah maupun swasta yang ada di Pekanbaru.

Hal ini ditandai dengan ditandatanganinya Memorandun of Undestanding (MoU) tentang sistem rujukan regional, Senin (9/6/2014) di Hotel Premier Pekanbaru. MoU dihadiri Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT, Ditjen Kemenkes, Uut  Cahyono, Kadis Kesehatan Riau Zainal Arifin, dan seluruh pimpinan RS dari 34 RS yang ada di Kota Pekanbaru serta para Kepala Puskesmas se Kota Pekanbaru.

Plt Kadiskes Drg Helda Suryani Munir, mengatakan, MoU ini upaya peningkatan mutu pelayanan di rumah sakit yang ada di Pekanbaru.

"Sistem rujukan regional ini mungkin di Indonesia kita yang pertama melakukannya  setelah program BPJS Kesehatan diberlakukan, ini merujuk kepada Permenkes No 1 tahun 2012," ujar Helda.

Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT dalam pengarahannya menyampaikan bahwa tidak dipungkiri bahwa saat ini tingkat kepercayaan masyarakat Riau masih sangat tinggi kepada pelayanan rumah sakit di luar negeri seperti Malaka atau Singapore. Padahal secara kelengkapan fasilitas maupun tingkat ketersediaan dan kemampuan SDM dokter dan petugas medis tidak kalah bahkan lebih unggul dari rumah sakit yang di luar negeri.

"Hanya kita kurang hubungan emosional dan keramahannya," tandasnya. (ver)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index