Lima Makanan Kaya Kalsium yang Perlu Kamu Konsumsi

Lima Makanan Kaya Kalsium yang Perlu Kamu Konsumsi
Whey Protein (Foto: Healthline)

Riauaktual.com - Setiap makhluk hidup membutuhkan asupan kalsium dalam tubuhnya. Kalsium memiliki peran penting dalam pembentukan tulang. Selain itu kalsium juga memiliki peran penting bagi kesehatan organ tubuh lainnya, salah satunya adalah jantung.

Oleh sebab itu seseorang harus memastikan kebutuhan kalsium dalam tubuh terjaga dengan baik. Salah satunya dengan cara mengatur asupan makanan yang kaya akan kalsium.

Merangkum dari Healthline, Kamis (13/8/2020), berikut lima makanan yang kaya akan kalsium. Yuk disimak.

 keju

1. Keju

Keju adalah sumber kalsium yang sangat baik. Keju dengan tekstur yang lebih lembut cenderung memiliki kadar kalsium yang lebih rendah. Selain itu, tubuh manusia juga lebih mudah menyerap kalsium dalam produk susu daripada dari sumber nabati.

2. Yogurt

Yogurt merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Berbagai jenis yogurt kaya akan bakteri prebiotik hidup yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Satu cangkir yoghurt memiliki kalsium sebanyak 245 gram. Selain kalsium yogurt juga mengandung fosfor, kalium dan vitamin B2 dan B12.

3. Sarden atau salmon kalengan

Sarden dan salmon kalengan kaya akan kalsium karena durinya yang bisa dikonsumsi. Sarden kalengan seberat hampir 4 ons memiliki 92 gram kalsium, semantara 3 ons salmon kalengan mengandung 85 gram kalsium. Selain kalsium, ikan juga merupakan sumber protein tinggi dan asam lemak omega 3 yang baik untuk jantung, otak dan kulit manusia.

4. Kacang dan lentil

Kacang dan lentil kaya akan serta, protein dan mikronutrien. Bahan makanan ini juga mengandung zat besi, seng, folat, magnesium dan kalium. Beberapa varietas dari bahan makanan ini juga memiliki kandungan kalsium yang cukup. Satu cangkir kacang kecip seberat 172 gram mengandung 244 mg kalsium.

5. Whey protein

Whey protein yang ditemukan dalam susu merupakan sumber protein yang sangat baik dan banyak mengandung asam amino yang cepat dicerna. Beberapa penelitian telah mengaitkan diet whey protein dengan penurunan berat badan dan peningkatan kontrol gula darah. Satu ons whey protein mengandung 28 gram kalsium.

 

 

Sumber: Okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index