Ini Awal Mula Korban Pemerkosaan di Bintaro Ketahui Identitas Pelaku

Ini Awal Mula Korban Pemerkosaan di Bintaro Ketahui Identitas Pelaku
Polisi tangkap pemerkosa perempuan di Bintaro (Jehan Nurhakim/detikcom)

Riauaktual.com - AF (24), korban pemerkosaan di Bintaro, Tangerang Selatan, berhasil mendapatkan data-data soal pelaku jauh sebelum polisi menangkapnya. Lalu bagaimana awal mula korban bisa mendapatkan identitas pelaku hingga rekaman CCTV?

"Banyak yang bertanya-tanya, AF kok bisa tahu nama pelaku sih? Jadi korban ini setelah kejadian itu mencari rekaman CCTV di sekitar rumahnya," kata Abraham Sridjaja selaku kuasa hukum AF sebagaimana dikutip dari detikcom, Selasa (11/8/2020).

AF pun berhasil mendapatkan rekaman CCTV tersebut. Pada tangkapan CCTV--yang dibagikan oleh AF di medsos--saat itu pelaku tampak memakai celana pendek dan sweater hoodie.

"Dari CCTV dulu, nah mungkin AF ingat baju yang digunakan pelaku pada saat itu," katanya.

Tidak lama setelah kejadian itu, AF mendapatkan direct message dari sebuah akun Instagram yang diduga kuat milik pelaku ke Instagram miliknya. AF kemudian meminta bantuan temannya di Singapura untuk mencari tahu soal akun yang menerornya soal pemerkosaan itu.

"Karena dari Instagram yang DM AF ini kan (akun) palsu tuh, kemudian ada salah satu yang follow akun IG pelaku. AF ini meminta tolong kepada temannya di Singapura, di-track-lah 'oh ini si ini follow ini... ini...', sehingga ketemulah yang namanya Raffi Idzamallah," jelasnya.

Identitas pelaku yang diperoleh AF ternyata valid. Hasil penyelidikan polisi juga menunjukkan data-data yang dimiliki AF soal pelaku sinkron dengan data yang diperoleh polisi.

Kasat Reskrim Polres Tangsel AKP Muharram Wibisono mengatakan bahwa adanya DM dari pelaku juga menjadi titik terang polisi untuk mengungkap kasus yang sudah berjalan selama 1 tahun itu.

"Alhamdulillah (karena) beberapa bulan lalu pelaku ini mengirimkan pesan ke media sosial korban, dari adanya pesan ini kami menemukan titik terang," kata Kasat Reskrim Polres Tangsel AKP Muharaam Wibisono dalam jumpa pers di kantornya, Jl Promoter, Tangerang Selatan, Senin (10/8).

Polres Tangsel dibantu Tim Cyber Mabes Polri mendapatkan data-data tersangka. Data-data yang diperoleh polisi ternyata cocok dengan data yang diungkap korban di media sosial.

"Ternyata data-data ini sinkron dengan identitas ini dan kita lakukan pencarian terhadap pelaku dan pelaku dapat kami amankan pada Minggu (9/8) dini hari," katanya.

Raffi Idzamallah kemudian ditangkap polisi di Jl Swadaya, Pondok Aren, Tangerang Selatan, pada Minggu (9/8) dini hari. Raffi Idzamallah kini ditahan di Polres Tangsel.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index