Launching Forum CSR, Plh Bupati : Diharapkan Program Jangan Minim

Launching Forum CSR, Plh Bupati : Diharapkan Program Jangan Minim
Plh Bupati H Bustamy HY didampingi Kepala Bappeda Adi Prasetyo saat launching Forum CSR Kabupaten Bengkalis Senin (6/7). 

Riauaktual.com- Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis H Bustami HY resmi melaunching Forum Tanggung jawab Sosial Perusahaan (TJSP) atau Corporate Social Responsibility (CSR) Kabupaten Bengkalis, Senin (6/7/2020) di ruang Rapat Zahari Kantor Bappeda Bengkalis.

Launching Forum CSR dilakukan secara virtual. Diwaktu yang sama, Forum CSR menggelar Forum Grup Discussion (FGD) bersama Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau Ir Emri Juli Harnis MT PhD dan Azizon Nurza SPi MM penerima CSR Award sebagai narasumber.

Forum CSR Kabupaten Bengkalis beranggotakan 66 perusahaan beroperasi di Kabupaten Bengkalis. Partisipasi perusahaan di forum ini sangat tinggi pasca vakum lima tahun. Pengaktifan kembali Forum CSR ini tidak terlepas dari inisiasi DPRD kabupaten Bengkalis.

Dalam kesempatan itu, Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis H Bustami HY mengatakan, Forum CSR di Kabupaten Bengkalis ini sudah dibentuk pada tahun 2011 lalu. Saat itu hanya beranggotakan 16 perusahaan besar yang beroperasi di Kabupaten Bengkalis. Seiring persoalan regulasi daerah terutama berkaitan kewenangan dan hal-hal lainnya, forum CSR hanya aktif 4 tahun atau sejak 2015 hingga 2019 mengalami kevakuman.

“Sebagai komitmen dari penerapan peraturan daerah, Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah menerbitkan keputusan Bupati Bengkalis Nomor 188/KPTS/IV/2020 yang menjadi titik awal pengaktifan kembali Forum CSR," katanya.

H Bustamy HY menjelaskan forum CSR harus secara kontiniu melakukan aktifitas untuk mendorong sinergitas antara program perusahaan dengan program Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Ia berharap, kepada perusahaan untuk dapat berperan maksimal melalui dana CSR-nya. Dan yang paling penting bukan forumnya.

"Melainkan program dari perusahaan karena percuma kalau forumnya saja yang aktif tapi programnya malah minim," terangnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bappeda Bengkalis Hadi Prasetyo mengatakan, pengaktifan kembali Forum CSR setelah vakum tidak terlepas dari semangat kebersamaan semua pihak.
Setelah launching ini, Bappeda kata Hadi akan secara kontinu melakukan komunikasi dengan anggota Forum CSR untuk membahas berbagai program kerja untuk pembangunan Bengkalis ke depan.

"Alhamdulillah, dengan semangat kebersamaan kita dapat memulai dan menggaungkan lagi Forum CSR di kabupaten Bengkalis. Kepada perusahaan baik yang telah bergabung baik yang belum bergabung izinkan kami secara kontinu akan melakukan kordinasi dan komunikasi kepada saudara setelah kegiatan ini. Karena pentingnya peran perusahaan dalam pembangunan, maka menunggu bukan pilihan bagi kita semua, "ungkap Kepala Bappeda.

Hadir dalam kegiatan Launching dan FGD, Sekretaris Bappeda Rinto, Kepala Dinas Sosial Hj Martini, Kepala Dinas PMD Yuhelmi, Sekretaris Perhubungan Kabupaten Bengkalis Zul Asri, Direktur Politeknik Bengkalis Johny Custer, Ketua STIE Syari’ah Bengkalis Khodijah Ishak, sejumlah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis serta undangan yang mengikuti kegiatan melalui video conference. (put)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index