Antisipasi Wabah Virus Corona, Pemkab Siak Minta Masyarakat Tetap Tenang

Antisipasi Wabah Virus Corona, Pemkab Siak Minta Masyarakat Tetap Tenang

Riauaktual.com - Menghadapi ancaman Virus Corona yang sedang mewabah di Kota Wuhan Cina dan telah menyebar ke beberapa negara lainnya di dunia saat ini, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak Jamaluddin, mengharapkan agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik.

Hal tersebut disampaikannya melalui sosialisasi yang ditaja oleh Dinas Kesehatan Siak hari ini, Senin (17/2/2020) diruang Rapat Kantor Bupati Siak. Hadir saat itu, Unsur Forkompinda terkait, Kepala Puskesmas, Camat, Polres Siak, Koramil Siak, Kejari Siak dan Perusahaan di wilayah Kabupaten Siak. 

Kata dia, setelah acara tersebut, unsur-unsur yang hadir bisa menginformasikan dan mengedukasi ke masyarakat terkait virus corona dan cara pencegahannya.

"Untuk mengantisipasi penularannya, bisa dimulai dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Diantaranya, rajin mencuci tangan dengan benar, yaitu dengan menggunakan sabun dan air mengalir," sebut Pj Sekda itu. 

Sementara, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pekanbaru Sarifuddin Saragih MKes mengatakan, pihaknya telah menerapkan Health Alert Card (HAC) di semua pintu dari luar negeri ke Provinsi Riau, khususnya di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, termasuk beberapa pelabuhan di Kabupaten Siak. 

"Sistem Health Alert Card (HAC) sudah kami berlakukan pada tiga pelabuhan di Siak, seperti di Perawang, Buatan dan Tanjung Buton," ujarnya. 

Sariffudin menjelaskan, pemberlakukan pengisian health alert card yang harus diisi penumpang dari luar negeri dilakukan untuk pengawasan dengan langkah-langkah antisipatif untuk pencegahan kemungkinan masuknya virus covid-19.

"Jadi pengawasan dilakukan terhadap orang, barang dan alat angkut, terhadap penumpang kapal laut ke wilayah Siak," tegasnya.

Menurutnya, jika ada penumpang yang sakit, maka wajib dilakukan pemeriksaan medis dan tindakan protektif serta tindakan pencegahan, selanjutnya dirujuk ke puskesmas terdekat. 

Sementara Kadis Kesehatan Tonny Chandra, menyampaikan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meresmikan nama baru untuk virus corona, dari nCoV-2019 menjadi Covid-19.  

"Sejauh ini di Siak belum ada yang terkomfirmasi positif Covid-19," ujarnya. 

Dirinya menghimbau masyarakat agar tidak cemas akan penyebaran virus corona di Indonesia, khususnya Kabupaten Siak. Masyarakat pun diharapkan sepenuhnya mempercayakan pencegahan dan penanganan penyebaran virus ini kepada petugas kesehatan.  

Menjawab keresahan masyarakat tersebut, dia menyebut, perlu adanya pencegahan yang serius. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terkait pencegahan dan penanganan jika ada yang terjangkit virus tersebut.  

"Kami memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat  dengan selalu menekankan pentingnya mencuci tangan saat atau setelah bepergian dan juga ketika akan makan," jelas Tonny. 

Selain itu ia, menginstruksikan kepada petugas kesehatan lebih sering melakukan kontak dengan pasien dengan berbagai jenis penyakit menular, sehingga cukup rentan tertular berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu, petugas kesehatan secara konsisten harus selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) saat merawat pasien. (Baim)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index