Harun Masiku Keliaran, Dirjen Imigrasi Diminta Mundur, Pimpinan KPK Pura-pura Nggak Tahu?

Harun Masiku Keliaran, Dirjen Imigrasi Diminta Mundur, Pimpinan KPK Pura-pura Nggak Tahu?
Dirjen Imigrasi Kemenkumham Ronny F Sompie

Riauaktual.com - Fakta keberadaan tersangka kasus suap, Harun Masiku yang ternyata berada di Indonesia saat OTT KPK terhadap Wahyu Setiawan menjadi tamparan keras bagi Direktorat Jenderal Imigrasi Republik Indonesia.

Menurut Direktur Eksekutif and Public Policy Studies, Jerry Massie, kejadian ini juga menjadi bukti lemahnya imigrasi yang ada di Indonesia.

“Ini keteledoran dan lemahnya imigrasi. Ditjen Imigrasi harus bertanggung jawab. Kalau perlu Dirjen Imigrasi diganti dengan pemimpin yang berani dan punya kredibilitas yang kuat lantaran kurang berani menindak Harun Masiku,” kata Jerry dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (22/1).

Ia tak habis pikir dengan fakta yang terkuak berkat rekaman kamera pengawas milik Bandara Soekarno Hatta itu.

Sosok di balik misteri Harun juga menjadi kritikan tersendiri kepada lembaga yang menangani kasus suap politisi PDIP itu.

“Pertanyaannya jika dia ada di Indonesia, lalu siapa yang menyembunyikan dia. Atau pertanyaannya, KPK sudah tahu, pura-pura tidak tahu, atau disengaja?” tanya Jerry, sebagaimana dikutip dari pojoksatu.id.

Dengan beragam pertanyaan itu, ia dengan lugas meragukan kinerja lembaga antirasuah di bawah kepemimpinan Firli Bahuri yang dinilai tak tegas.

“Saya meragukan KPK (bekerja) sungguh-sungguh menangani kasus ini, ataukah hanya setengah hati? Memang nyali KPK tak seperti pendahulu sebelumnya,” ujar Jerry.

“Saya berharap Harun menyerahkan diri agar proses penyelidikan dan penyidikan berjalan baik,” tandasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index