Jadi Juri Lomba Senam Sehat, Rasidah Ajak Masyarakat Giat Berolahraga

Jadi Juri Lomba Senam Sehat, Rasidah Ajak Masyarakat Giat Berolahraga

Riauaktual.com - Luar biasa semangat ibu-ibu kader Posyandu kecamatan, petugas puskesmas kecamatan dan kader PKK Kecamatan mengikuti lomba Senam Sehat dan Lomba Pesan Kesehatan Berantai yang ditaja Dinas Kesehatan. 

Kegiatan lomba pada Jambore Posyandu Lansia yang dipadukan dengan pengukuhan Saka Bhakti Husada berlangsung di pelataranan pentas Siak Bermadah, Selasa (10/12/2019) kemarin. 

Dikesempatan itu Ketua TP PKK Kabupaten Siak selaku juri mengapresiasi lomba tersebut, karena dengan banyak bergerak tubuh menjadi sehat. 

"Saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan lomba yang diselenggarakan pada hari ini," kata ketua PKK Kab Siak Rasidah Alfedri, disela-sela acara itu. 

Ia melanjutkan, untuk musik senam dimodifikasi dengan menggunakan jingle Cerdik, sehingga dapat mensosialisasikan perilaku hidup sehat melalui senam kepada Lansia dan masyarakat. 

"Senam sehat ini untuk membiasakan masyarakat akan pentingnya aktifitas fisik agar tidak gampang sakit" ujarnya. 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Tony Chandra, tujuan umum yang ingin dicapai melalui kegiatan senam ini yaitu terwujudnya peran serta masyarakat dan Petugas Kesehatan dalam upaya pencegahan dan pengendalian secara dini dari penyakit. 

"Melalui kegiatan ini para kader posyandu bisa ingat dan menyampaikan pesan tersebut untuk lansia di posyandu dan masyarakat," harap Tony. 

Ia menjelaskan, salah satu cara untuk mencegah terkena penyakit tidak menular adalah, melalui cek kesehatan secara rutin, kemudian tidak merokok, rajin beraktifitas fisik, kemudian istirahat yang cukup, dan bisa mengelola stres. 

Lomba tersebut diikuti sebanyak 225 orang yang terdiri dari 165 orang kader Posyandu. Mereka adalah utusan dari kecamatan se-Kabupaten Siak dan 60 orang dari petugas Puskesmas dan Tim Penggerak PKK Kecamatan.

Akhirnya Kader Posyandu Lansia binaan Puskesmas Mempura berhasil menyabet juara pertama pada lomba senam sehat dan binaan Puskesmas Kandis dan TP PKK Kandis juara pertama pada lomba Pesan Kesehatan Berantai. (Baim)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index