Ini 5 Hewan Purba yang Masih Hidup Sampai Sekarang di Indonesia

Ini 5 Hewan Purba yang Masih Hidup Sampai Sekarang di Indonesia
Foto: Kepogaul

Riauaktual.com - Hewan purba digambarkan memiliki ukuran tubuh raksasa. Mereka hidup sekitar puluhan hingga ratusan juta tahun lalu. Namun karena bencana alam global, kebanyakan spesies hewan purba banyak yang sudah punah.

Namun siapa sangka, ternyata ada beberapa hewan purba yang berhasil selamat dari kepunahan dan bisa bertahan hidup sampai sekarang. Entah bagaimana caranya mereka bisa selamat, tapi yang jelas hewan-hewan purba yang masih hidup sampai sekarang harus kita lestarikan.

Menariknya lagi, banyak hewan-hewan purba tersebut tinggal di Indonesia dan bahkan hanya ditemukan di Indonesia saja. Langsung saja, berikut 5 hewan purba yang masih hidup sampai sekarang di Indonesia, sebagaimana dikutip dari wowmenariknya.com.

1. Komodo

Foto: Focusing on Wildlife

Spesies kadal terbesar di dunia ini diperkirakan sudah ada sejak 40 juta tahun lalu. Dan sekarang reptil purba ini masih hidup di Indonesia, tepatnya di pulau Komodo, di Nusa Tenggara Timur. Tidak diketahui secara jelas bagaimana bisa komodo mampu bertahan hidup dari kepunahan pada zaman purba dulu. Namun menurut penelitian, komodo selamat berkat kemampuan bertahan hidupnya yang menakjubkan.

2. Penyu Belimbing

Foto: The Nature Conservancy

Disebut belimbing karena penyu ini memiliki bentuk tubuh yang mirip buah belimbing. Yang menarik, penyu belimbing merupakan salah satu hewan pruba yang masih hidup sampai sekarang. Diperkirakan penyu belimbing sudah hidup sejak 100 juta tahun lalu. Berat tubuhnya kurang lebih bisa mencapai 1 ton dan panjang 1,5 sampai 2 meter. Kini spesies reptil ini bisa ditemukan di wilayah Papua Barat dan Utara.

3. Ikan Coelacanth

Foto: Pojokcerita

Ikan purba yang diperkirakan sudah ada sejak 380 juta tahun silam ini bisa ditemukan di perairan Talise Minahasa Utara di Sulawesi Utara. Ikan ini memiliki ciri sisik tubuh yang berwarna kecokelatan. Saking langkanya, ikan ini masuk dalam daftar IUCN Red List dengan kategori rentan yang artinya ikan ini hampir punah.

4. Belangkas

Hewan purba yang satu ini memiliki bentuk yang sangat aneh, mirip seperti kepiting dengan bentuk tubuh seperti teflon. Belangkas diperkirakan sudah hidup sejak 400 juta tahun lalu. Dikenal juga dengan nama kepiting ladam, hewan ini bisa ditemukan di seluruh perairan Indonesia dan perairan Asia lainnya.

5. Trenggiling

Foto: Steemit

Populasi trenggiling kini hampir punah karena banyak diburu. Hewan ini hanya ditemukan di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Diperkirakan kalau hewan ini sudah hidup sejak 30 juta tahun lalu dan berhasil selamat dari kepunahan. Namun karena mereka sering diburu, kini populasinya terancam punah.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index