Photo : U-Report. Khaybar di Arab Saudi.

Oasis Paling Langka dan Tertua di Dunia Ini di Kelilingi Gunung Berapi

Sabtu,22 September 2018 - 16:11:20 WIB Di Baca : 899 Kali

Riauaktual.com - Dalam ilmu geografi, oasis atau oase adalah daerah subur dan terpencil dan berada di tengah gurun. Oasis bisa menjadi habitat bagi hewan atau bahkan manusia, sehingga bisa hidup di sana.

Dan salah satu oasis yang paling langka dan tertua di dunia, ada di negara Arab Saudi. Namun ada yang unik dari oasis ini, di mana di kelilingi oleh gunung berapi yang pernah meletus di sekitarnya.

Oasis ini diberi nama Khaybar, yang terkenal dan terletak di gunung berapi hitam yang mengelilinginya dari segala arah. Tidak hanya itu saja, tempat ini juga menjadi salah satu benteng umat Islam pada zaman Nabi Muhammad SAW. Bagaimana keadaannya saat ini?

Loading...

Dikutip dari alarabiya.net, beberapa sejarawan percaya bahwa oasis ini telah digunakan sejak tahun 600 SM. Khaybar sendiri terletak di dalam kota Madinah, 150 kilometer sebelah utara.
 

Hijaunya Khaybar dan sumber mata air
Hijaunya Khaybar dan menjadi sumber mata air.

Dan kini, Khaybar tidak hanya menjadi pusat untuk bidang pertanian, tetapi juga di bidang komersial dan industri.

Apa arti Khaybar?

Khaybar memiliki tiga penjelasan, seperti yang disebutkan oleh orang-orang Balad. Beberapa dari mereka percaya bahwa itu berasal dari wujud tanah Khaybar yang berarti tanah liat yang baik dan mudah. Sehingga mudah dibuat menjadi lahan pertanian yang sangat baik. Yang lain percaya bahwa Khaybar adalah nama salah satu Amalek, di mana dia datang dan itu dinamai menurut namanya. Pendapat ketiga percaya bahwa, Khaybar dalam bahasa Yahudi berarti benteng.
 

Benteng Khaybar


Ada delapan benteng di Khaybar, yang merupakan salah satu kota paling berbenteng di dunia. Meskipun di kelilingi oleh lorong-lorong vulkanik yang sulit dilalui. Dan di sana ada delapan benteng tinggi yang tak tertembus, di antaranya adalah benteng Naem, benteng al-Saab, Krak des Chevaliers al-Zubayr, benteng al-Nizar, benteng Abi, benteng al Kamous, benteng al Watih dan benteng al Salalem.
 

Pemandangan indah di Khaybar Arab Saudi
Pemandangan indah di Khaybar Arab Saudi.

Khaybar terkenal dengan sumber air yang mengalir di oasisnya, yang bersumber dari air hujan. Di Khaybar saja, ada 6 bendungan untuk air yang menyediakan irigasi untuk banyak pohon kurma. Bendungan bukan satu-satunya sumber air di sana, karena ada 30 mata air yang selalu mengairi pohon-pohon kurma.

Bisnis di Khaybar

Khaybar terletak di salah satu jalan komersial paling terkenal di Semenanjung Arab. Pasar Noutat di Khaybar, adalah pasar populer yang sering dikunjungi oleh orang-orang dari Damaskus dan Najd. Pasar di sana termasuk pasar musiman, karena hanya ada di musim dingin dan musim panas.

Khaybar menjadi bagian dari sejarah Islam yang terkenal, yang memasok kota Madinah dengan kurma dan produk pertanian lainnya.

 

 


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...