Hati-hati, enam Kebiasaan Ini Bikin Kolesterol Jadi Tinggi

Hati-hati, enam Kebiasaan Ini Bikin Kolesterol Jadi Tinggi
Photo : U-Report. Pria malas gerak.

Riauaktual.com - Takut kolesterol tinggi?  Ya, kolesterol merupakan salah satu penyebab berbagai gangguan kesehatan serius pada tubuh.

Banyak yang mengira jika kolesterol tinggi itu disebabkan karena makanan, padahal kenyataannya tidak selalu demikian.

Memang ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan kolesterol meningkat, akan tetapi adapula penyebab lainnya selain makanan.  Mungkin tak semua orang tahu, apa sich penyebab kolesterol tinggi selain makanan?  

Agar Anda lebih mudah mengantisipasinya, sebaiknya simak 6 hal pemicu kolesterol tinggi selain makanan, berikut sebagaimana dikutip dari trenlagi.com.

1. Tidak menjaga berat badan

Penyebab pertama yang wajib diwaspadai adalah kelebihan berat badan.  Obesitas menjadi salah satu factor risiko kolesterol tinggi hingga berbagai masalah kesehatan serius lainnya.

2. Tidak pernah olahraga

Olahraga tak hanya menjaga berat badan yang ideal, tapi juga menjaga kebugaran tubuh serta mengurang risiko kenaikan kolesterol dalam tubuh.

3. Kebiasaan Tidak sehat

Selain kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat, ternyata ada kebiasaan lain yang dapat meningkatkan kolesterol, yakni : merokok dan minum minuman beralkhohol. Kebiasaan ini tak hanya meningkatkan kolesterol tapi juga dapat mengganggu kesehatan.

4.  Menolak lemak sehat

Menghindari atau membatasi makanan mengandung lemak jenuh dan lemak trans memang baik untuk mencegah
kolesterol. Akan tetapi, bukan berarti Anda menolak semua makanan berlemak, karena menolak makan lemak sehat justru dapat meningkatkan kolesterol. Ada makanan mengandung lemak sehat yang justru membantu menurunkan kolesterol, seperti : alpukat,  minyak zaitun, ikan salmon, dan lainnya.

5. Mager alias Malas gerak

Tubuh yang kurang gerak rentan mengalami kegemukan atau obesitas. Risiko selanjutnya tentu kenaikan kolesterol, oleh karena itu pastikan untuk tidak mager atau malas gerak ya!

6. Stres

Stres yang tidak dikelola dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan juga risiko penyakit berbahaya lain seperti : kanker, diabetes, jantung, tekanan darah tinggi dan lainnya.


Dengan mengantisipasi penyebab kolesterol tinggi diatas, diharapkan kita bisa lebih sehat dan semangat lagi dalam menjalani kehidupan. Salam sehat!

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index