Wah Mengerikan, Konsumsi Makanan Ini Buat Otak Anda Penuh Cacing

Wah Mengerikan, Konsumsi Makanan Ini Buat Otak Anda Penuh Cacing
Photo : U-Report. Ilustrasi cacing pita dan otak manusia.

Riauaktual.com - Jika Anda pernah merasa ada sesuatu yang bergerak di dalam kepala Anda, bisa jadi itu adalah parasit. Pada tahun 2013, kasus pertama ini muncul di Inggris, saat seorang pria ditemukan memiliki cacing pita yang sedang menggeliat-geliat di dalam otaknya.

Dr. Effrossyni Gkrania-Klotsas mengatakan kepada CNN bahwa cacing tersebut berpindah-pindah dari satu sisi ke sisi otak yang lain. Setelah ditelusuri, rupanya pria tersebut baru saja berlibur ke China, dimana spesies cacing pita yang dikenal sebagai Spirometra Erinaceieuropaei umum ditemukan di sana. Spesies ini juga dapat ditemukan di Jepang, Korea Selatan dan Thailand.

Spirometra Erinaceieuropaei dapat menyebabkan infeksi yang dikenal dengan sparganosis, yang umum ditemukan pada anjing dan kucing. Cacing pita jenis ini bahkan bisa tumbuh hingga 1,5 meter.

Mengingat sebagian besar dari kita tidak mengonsumsi anjing dan kucing, tentu ini tidak menjadi masalah. Tapi sayangnya, cacing pita ini juga ditemukan pada hewan lain, yaitu babi.

Ada tiga jenis cacing pita yang dapat menginfeksi otak manusia, di mana mereka dapat menyusup ke dalam sistem saraf. Salah satunya adalah Taenia Solium yang bersarang pada otot babi lalu menginfeksinya, seperti dalam kasus Spirometra Erinaceieuropaei.

Menurut Dr. Theodore Nash, sekitar 5 juta orang di seluruh dunia berpotensi memiliki cacing pita ini di otaknya. Lalu, mengapa pada daging babi bisa terdapat cacing pita ini? Menurut para ahli, kondisi peternakan babi yang sangat menjijikkanlah yang memicu perkembangbiakan cacing pita ini.

Untuk itu, bagi Anda yang mengonsumsi daging babi, kami sarankan agar dapat memasaknya dengan benar, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

Sumber: Healthy Food House dan Supertasty Recipes

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index