Obama Batal ke Bali, Pemerintah RI Maklum

Obama Batal ke Bali, Pemerintah RI Maklum
APEC. int

Nusa Dua, RiauAktual.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dipastikan batal menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC 2013 di Nusa Dua, Bali. Pemerintah Indonesia selaku tuan rumah merasa maklum.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar mengatakan, pembatalan kedatangan Obama harus dipahami, karena kondisi di AS saat ini. Bertahan di negaranya merupakan prioritas Obama saat ini. Seperti diketahui, sudah 3 hari ini pemerintahan AS ditutup atau berhenti karena anggaran yang belum disetujui oleh Kongres.

"Tentu saja ini adalah prioritas dan fokus dari pemerintah dan Kongres AS, dan masyarakat AS," ungkap Mahendra di Bali Internasional Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Jumat (4/10/2013).

Pemerintah Indonesia, menurut Mahendra, juga mengerti tentang fokus yang diambil oleh pemerintah AS. Ia bahkan telah menyampaikan simpati kepada para kolega yang berada di negeri Paman Sam tersebut.

"Kami akan sangat mengerti tentang prioritas dan fokus mereka. Karena mereka harus melemparkan isu. Kami paham jika Obama tidak datang, karena ini sebenarnya masalah prioritas saja, domestik," paparnya.

"Jadi 21 pemimpin negara APEC sangat memahami itu sejauh yang saya tahu, delegasi senior AS sudah di sini dan bergabung dengan SOM (seniot official meeting) dan kami akan negosiasi soal APEC," ujarnya. (rrm/dtc)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index