Ketika Atlet Iran Tolak Salaman Jokowi

Ketika Atlet Iran Tolak Salaman Jokowi
Jokowi/Net

Riauaktual.com - Atlet taekwondo putri Indonesia, Defia Rosmaniar mencetak sejarah sebagai peraih medali emas pertama untuk nomor individu poomsae putri pada Asian Games 2018.

Adalah Presiden RI Joko Widodo sendiri yang mengalungkan medali kepada para atlet taekwondo tersebut di Jakarta Convention Center Jakarta, Minggu (19/8).

Menariknya, atlet taekwondo asal Iran, Salahshouri Marjan enggan saat diajak bersalaman dengan Jokowi.

Dalam video yang tersebar di media sosial, usai mengalungkan medali perak kepada Salahshouri Marjan, Jokowi menyodorkan tangan hendak bersalaman. Namun, atlet Iran tersebut menolak bersamalan, dan memilih membungkukkan diri beri penghormatan.

Salahshouri Marjan sendiri saat itu berbalut bendera Iran.

Sementara, Defia Rosmaniar mampu memenuhi ekspektasi tinggi pemerintah untuk cabor taekwondo nomor poomsae Asian Games 2018. Pasalnya, ini adalah nomor yang diharapkan bisa jadi lumbung medali bagi para taekwondoin Merah Putih.

Sebelum mencapai babak final taekwondo, Defia menghadapi lawan-lawan yang tidak mudah. Di babak 16 besar, Defia memenangi duel kontra atlet Hong Kong, Wong Ka Yiu, dengan skor 8.220-7.690. Kemudian di perempat final, Defia mengalahkan wakil Vietnam Tuyet Van Chau dengan skor tipis 8.460-8.330.

Tempat final didapatkan setelah berhasil mengalahkan wakil Korea Selatan Yun Jihye dengan skor 8.520-8.400 di babak semifinal.

 


Sumber : rmol.co

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index