Foto by AAA

Ban Diisi Nitrogen Bikin Irit Bahan Bakar, Mitos atau Fakta..

Sabtu,18 Agustus 2018 - 08:00:00 WIB Di Baca : 1442 Kali

Riauaktual.com - Tempat pengisian angin nitrogen belakangan semakin menjamur. Bahkan hampir di setiap SPBU, stasiun pengisian nitrogen ada.

Tentu hal ini sejalan dengan konsumen nitrogen yang juga banyak. Penggunaan nitrogen diyakini memiliki keuntungan tersendiri.

Product Manager PT Himawan Putra yang merupakan distributor pengisian nitrogen, Kurnia Wijaya mengatakan dibanding angn biasa, nitrogen bisa lebih hemat bahan bakar.

"Karena putaran yang ringan, jadi lebih hemat bahan bakar. Tapi, kami belum meneliti, bisa hemat berapa persen jika menggunakan nitrogen," jelas Kurnia saat berbincang dengan Liputan6.com, di GIIAS 2018, ICE BSD, Tangerang.

Lanjutnya, musuh tekanan angin pada ban biasanya uap air yang masuk ke dalam ban. Jadi, saat ban di balance tidak bisa, atau bikin tidak nyaman saat dikendarai jadi lebih boros bahan bakar.

"Untuk alat kita ini, bisa mnyaring udara lebih baik, jadi 78 persen nitrogen sisanya uap air dan gas. Kemudian, disaring kembali dan yang sisa masuk tabung adalah nitrogen murni 99 persen," tambahnya.

Namun demikian, menggunakan nitrogen bukan tak ada kurangnya. Saat musim hujan, pengendara yang menggunakan nitrogen akan merasakan ban kendaraannya mudah kempes.

Sebab, air bisa menyerap nitrogen sehingga membuat kandungan nitrogen cepat habis.

 

 

Sumber: Liputan6.com


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...