Tim SAR Pidie Jaya Gelar Uji Potensi

Tim SAR Pidie Jaya Gelar Uji Potensi
Tim SAR Pidie Jaya Gelar Uji Potensi. Foto: HB

PIDIEJAYA, RiauAktual.com - Kegiatan pelatihan potensi Sar Pidie jaya dengan jumlah personil 53 orang membahas materi yang diajarkan antara lain Water Rescua atau penyelamatan korban di air,
Medical Firshresponder (MRF) pendidikan dasar masalah penanganan kesehatan ketika berhadapan dengan korban di lapangan dan pelatihan menyelam.

Kesemua kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kesiagapan petugas SAR di lapangan disaat terjadi  bencana, adapun dalam hal ini pelatihan tersebut langsung dilatih oleh team yang sudah berpengalaman dari Basarnas Provinsi yaitu Maimun, Hasbul Asra dan Mahdi Saputra.

"Masa latihan 3 hari, hari pertama seluruh personil dilatih materi dasar serta praktek di ruangan, sedangkan pada hari kedua semua personil langsung praktek di lapangan, seperti cara evakuasi korban di laut dengan mengenakan perahu dayung maupun spead boat serta evakuasi korban dengan tandu di laut," kata T Akbarruddin SH, paniti pelaksana pelatihan SAR, Selasa (27/8//2013).

Sedangkan pada hari ketiga, yaitu evakuasi korban di reruntuhan bangunan dan di pegunungan. Adapun kesemua kegiatan ini semata-mata untuk bisa memberi bantuan kepada masyarakat korban dengan efisien dan langsung ke tujuan.

"Semua pendidikan yang diberikan semoga bermanfaat terutama untuk diri sendiri dan dapat menolaong masyarakat saat musibah datang, jangan sampai saat evakuasi tak ada peralatan, maka dalam hal ini saya menegaskan supaya semua peserta didik bisa bermanfaat dan berguna jangan sampai sesudah pulang pendidikan hilang pula ilmu yang didapat karena ilmu sangat mahal," sebutnya. (HB)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index