Bolehkah Mengisi Air Wiper dengan Campuran Sabun?

Bolehkah Mengisi Air Wiper dengan Campuran Sabun?
Foto by Zwgearbox

Riauaktual.com - Mencampur air wiper dengan sabun mungkin dianggap mempermudah wiper membersihkan kaca mobil. Tapi, apakah benar bisa membuat kaca makin bersih atau justru berbahaya?

Kepala bengkel Auto2000 Cikarang, Indah Yuliana, mengatakan jika pemilik kendaraan menggunakan bahan tambahan dengan tidak hati-hati atau sembarangan, itu bisa menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

"Kami rekomendasikan menggunakan wiper fluid, karena di dalamnya sudah mengandung pembersih khusus kaca. Memang harus hati-hati kalau mau menambahkan sabun, sebaiknya menggunakan sabun-sabun yang khusus untuk pembersih kaca kendaraan," Kata Indah kepada Liputan6.com.

Menurutnya, jika tidak menggunakan cairan khusus, maka dapat menimbulkan bayangan pelangi pada kaca yang akan membuat pandangan pengemudi terganggu.

"Nanti kacanya bisa muncul pelangi itu efek penggunaan sabun yang tidak direkomendasikan. Seperti saat terik, nanti di kaca bisa muncul bayangan dan mengganggu pandangan saat menyetir. Jadi saya anjurkan untuk menggunakan sabun khusus yang memang digunakan pada air wiper," lanjutnya.

Indah menambahkan, selain air wiper sendiri, pemilik kendaraan juga harus mengecek kondisi karet wiper.

"Karet wiper harus dipastikan masih bagus enggak, karena mungkin perjalanan jauh, debu atau hujan. Kalau sudah kurang bagus, harus diganti karetnya supaya bisa menyapu permukaan kaca dengan baik," tandasnya.

Sumber: Liputan6.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index