Akibat Kabut Asap, 7 Penerbangan di Pekanbaru Alami Delay

Akibat Kabut Asap, 7 Penerbangan di Pekanbaru Alami Delay
Kabut asap ganggu penerbangan di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Kota Pekanbaru. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Pada Kamis (27/6/2013) pagi, jadwal keberangkatan penerbangan dari dan ke Pekanbaru mengalami gangguan. Setidaknya, ada 7 rute mengalami delay. Kabut asap yang masih menyelimuti Riau kembali mengganggu aktifitas penerbangan di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. 

"Tujuh maskapai penerbangan yang jadwal keberangkatannya mengalami delay. Sehingga ratusan penumpang mengalami penumpukan di ruang tunggu keberangkatan bandara hingga beberapa jam," terang Airport Duty Manager SSK II, Ibnu Hasan, Kamis (27/6/2013) kepada Riauaktual.com. 

Ibnu juga menjelaskan delay di bagi menjadi dua tahap penerbangan. Penerbangan pertama yakni untuk pesawat Mandala dari Jakarta, Air Asia dari Bandung, Garuda Indonesia (GA) dan Lyon Air dari Jakarta. Kemudian penerbangan kedua adalah GA-174, Lyon Air dan satu penerbangan dari Batam.    

"Dengan adanya kabut asap ini, pukul 05.00-07.00 WIB pagi, jarak pandang hanya mencapai 700 meter. Artinya, banyak kedatangan pesawat dari luar yang memutuskan menunda keberangkatannya ke Pekanbaru," tuturnya

Ia mengaku, seharusnya pukul 06.55 WIB pagi, sejumlah pesawat mestinya sudah landing di Pekanbaru, tetapi hingga beberapa jam ternyata pesawat yang ditunggu-tunggu seperti Mandala, Lyon dan Garuda belum juga berangkat dari Jakarta-Pekanbaru. 

Setelah beberapa jam jarak pandang mengalami gangguan, tepat pada pukul 10.00 WIB jarak pandang kembali normal karena sudah mencapai 2 km/ 2 ribu meter.

"Usai jarak pandang normal, akhirnya pesawat sudah berdatangan dari Jakarta. Sehingga pesawat yang mengalami delay bisa melakukan pendaratan. Delay hanya terjadi di pagi hari dan untuk siang hingga sore ini semua berjalan normal," ujarnya.

Laporan: Doni Dwi Putra
   



Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index