luarbiasa, Warga Jember Temukan Belut Raksasa Seberat 20 Kg

luarbiasa, Warga Jember Temukan Belut Raksasa Seberat 20 Kg
Foto: Yakub Mulyono

Riauaktual.com - Seekor belut yang ditangkap warga Dusun Pandian, Desa Randuagung, Kecamatan Sumberjambe, Jember, membuat heboh. Pasalnya, belut itu berukuran panjang sekitar 1,46 meter dengan berat sekitar 20 kg.

"Orang sini menyebutnya Oling, belut yang ukurannya besar," kata Kepala Desa Randuagung, Muhammad Zaenal, Kamis (1/2/2018).

Oling atau belut raksasa itu pertama kali ditemukan warga bernama Zamhari. Saat itu dia dalam perjalanan hendak berangkat ke sawah. Di tengah jalan, dia melihat belut berada di parit sawah.

"Sudah agak ke pinggir jalan posisi belutnya. Mungkin terbawa air sungai. Beberapa hari ini kan sempat banjir," kata Zaenal.

Oleh Zamhari, belut itu pun ditangkap. Sempat mengalami kesulitan karena kulitnya yang memang licin. Akhirnya dibantu warga sekitar, Zamhari berhasil membawa belut itu pulang.

Penangkapan belut ini pun sempat menjadi tontotan warga. Bahkan ada yang memfoto dan mengunggah di grup media sosial.

Menurut Zaenal, penemuan belut raksasa ini bukan pertama kali ini saja terjadi. Sekitar sebulan lalu, seorang warga juga sempat menangkap belut yang berukuran tak lazim tersebut.

"Waktu itu yang menemukan seorang perempuan. Kemudian ditangkap beramai-ramai. Sekitar sebulan lalu," kata Zaenal.

Zaenal menduga belut itu terbawa arus sungai ketika sedang banjir. Apalagi lokasi penemuan belut memang percabangan sungai.

"Mungkin dari hulu. Ketika banjir terbawa arus dan terdampar di parit dekat sawah warga," katanya. (Wan)

 

Sumber: detik.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index